Elektabilitas Topcer, Demokrat Sebut AHY Mampu...

Elektabilitas Topcer, Demokrat Sebut AHY Mampu... Kredit Foto: Partai Demokrat

Hasil dua lembaga survei menyampaikan temuan tren elektabilitas Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) cenderung terus naik. Hal ini bersamaan dengan naiknya elektabilitas AHY. Tren kenaikan tercermin dari survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia maupun Polmatrix, pada Minggu, 5 Desember 2021. 

Kepala Balitbang DPP Partai Demokrat Tomi Satryatomo menyampaikan dua hasil survei itu tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan yang solid di bawah AHY. Selain itu, kemenangan AHY atas Moeldoko yang coba merebut Demokrat secara inkonstitusional dinilai jadi faktor lain.

Baca Juga: PPP Bocorkan Soal Capres yang Akan Diusung di 2024, Ternyata...

"Ini bukan hanya menunjukkan AHY mampu mengikuti lika-liku hukum. Tapi, juga kemampuan politik AHY untuk merangkul elemen-elemen kekuasaan lainnya," ujar Tomi kepada wartawan, Selasa, 7 Desember 2021. 

Menurut dia, elektabilitas yang bagus ini juga karena dukungan publik terhadap Demokrat dan AHY terkait kisruh melawan Moeldoko. Figur AHY dinilai juga mampu melakukan lobi politik dan memperlihatkan kualitas kepemimpinan. 

"Semua setuju bahwa tindakan Moeldoko keliru dan mencoreng demokrasi," jelas Tomi.

Bagi dia, melawan Moeldoko jadi ujian AHY sebagai pemimpin partai. Namun, putusan pengadilan yang memenangkan AHY jadi acuan publik menaruh simpati. 

"Kemenangan AHY di ranah politik dan hukum inilah yang meyakinkan publik bahwa AHY memiliki kemampuan kepemimpinan yang menjanjikan, yang dibutuhkan untuk membawa bangsa ini menjadi lebih baik," tutur Tomi.

Baca Juga: Doa Habib Rizieq Bikin Gaduh, Husni Alwi Merespons Sampai Singgung-Singgung Soal Penjara dan Adzab

Sebelumnya, survei Indikator menunjukkan tren elektabilitas Demokrat terus naik dari 4,6 persen pada Januari 2020. Kenaikan ini dengan rincian 5,6 persen (September 2020), 5,4 persen (Januari 2021), 7,5 persen (April 2021), 9 persen (Juli 2021) hingga 10 persen (Des 2021). 

Dengan elektabilitas 10 persen per Desember 2021, Demokrat moncer dan berada di urutan keempat setelah PDI-P (26,4 persen), Gerindra (15,2 persen), dan Golkar (10,6 persen).  Survei Indikator diselanggarakan periode 2-6 November 2021 dengan melibatkan 2.020 responden dengan toleransi kesalahan 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pun, merujuk hasil survei Polmatrix, tren elektabilitas Demokrat cenderung naik sejak Mei dengan 3,8 persen. Rincian kenaikan itu seperti 3,7 persen (Sep 2020), 7,5 persen (Desember 2020), 8,1 persen (April 2021), 11,3 persen (Agustus 2021) dan 9 persen (Desember 2021).

Baca Juga: Menohok! Petinggi 212 Sebut KSAD Dudung Abdurachman Aneh dan...

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini