Terungkap Sudah! Ini Beberapa Hal Tentang Direktur Utama PLN yang Baru, Ternyata Kader....

Terungkap Sudah! Ini Beberapa Hal Tentang Direktur Utama PLN yang Baru, Ternyata Kader.... Kredit Foto: PLN

Secara resmi Menteri BUMN Erick Thohir telah mengangkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN untuk menggantikan Zulkifli Zaini.

Sebelumnya, diketahui bahwa Darmawan Prasodjo adalah Wakil Direktur Utama PLN. Selain itu namanya juga tak asing dalam dunia politik dimana ia dikenal sebagai politikus PDI Perjuangan.

Kini resmi menjadi Direktur Utama PLN berikut fakta menarik dari sosok Darmawan Prasodjo:

1. Profil Darmawan Prasodjo

Diketahui bahwa Darmawan Prasodjo lahir di Magelang, Jawa Tengah pada tanggal 19 Oktober 1970 dan kini tengah berusia 51 tahun. Sebelumnya, Darmawan Parasodjo dikenal sebagai seorang Ekonom Energi yang kurang lebih selama 15 tahun berada di Amerika Serikat untuk studi dan berkarier sebagai seorang konsultan peneliti.

Baca Juga: Koar-Koar Kontrak BUMN, Pak Ahok Siap-Siap Gantikan Erick Thohir Nih?

2. Menempuh pendidikan di Amerika Serikat

Darmawan Prasodjo diketahui mengenyam pendidikan di Texas, Amerika Serikat. Ia berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Computer Science dari Texas A&M University tahun 1994, juga  gelar Master of Computer Science dari Texas A&M University pada tahun 2000. Selain itu, Darmawan Prasodjo juga telah menyelesaikan gelar doktor Ekonomi Terapan, Ekonomi Sumber Daya alam di Texas A&M University berkolaborasi dengan Duke University tahun 2011. 

3. Menjadi siswa terbaik saat SMA

Saat SMA, Darmawan bersekolah di SMA Negeri 1 Magelang. Diketahui bahwa Darmawan termasuk ke dalam daftar 20 lulusan siswa terbaik. Hal tersebut mengantarkanya untuk mengikuti program Habibie pada tahun 1989 dan berhasil dikirim ke Amerika Serikat untuk belajar. 

4. Diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Deputi I Kantor Staf Presiden

Darmawan Prasodjo juga dikenal sebagai kader PDI Perjuangan yang menjadi tim pendukung sekaligus tim ahli untuk Jokowi dan Jusuf Kalla saat pemilihan presiden di tahun 2014. Sebelum menjabat sebagai Wakil Direktur PLN, Darmawan Prasodjo diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Deputi I Kantor Staf Presiden. Sebelum masuk BUMN, Darmawan Prasodjo pernah menjadi Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring, dan Evaluasi Program Prioritas Kantor Staf Presiden di tahun 2015-2019.

Baca Juga: Prabowo Banjir Dukungan Maju Capres 2024 karena Efek Jokowi? Pengamat: Para Pemilih Jokowi...

5. Sempat mengajar di sebuah universitas

Sebelum terjun ke dunia politik, Darmawan Prasodjo sempat menjadi salah satu pengajar di Surya University. Tidak hanya itu, pada tahun 2012 ia akhirnya ditunjuk sebagai Direktur di Indonesia Center for Green Economy dan juga sebagai Kepala Jurusan di Prodi Green Economy di Surya University.

Berikut tadi deretan fakta menarik dari Darmawan Prasodjo yang kini resmi diangkat sebagai Direktur Utama PLN.[]

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini