Dokter Top Afrika Selatan Bilang Dominasi Omicron Bisa Perkasa dan Mungkin Jadi 'Hadiah Utama'

Dokter Top Afrika Selatan Bilang Dominasi Omicron Bisa Perkasa dan Mungkin Jadi 'Hadiah Utama' Kredit Foto: AP Photo/ Shiraaz Mohamed

Seorang dokter senior Afrika Selatan mengatakan itu akan menjadi "hadiah pertama" jika varian Omicron dari COVID-19 mengungguli mutasi lainnya.

Dr Angelique Coetzee, ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan (SAMA), melihat beberapa pasien pertama dengan varian baru di kliniknya di ibu kota Pretoria.

Baca Juga: Belasan Penumpang dari Afrika Selatan yang Positif Varian Omicron Sudah Divaksin

Dia mengatakan kepada Sputnik News hari Senin (6/12/2021) bahwa sementara masih banyak yang tidak pasti, pengulangan tren di provinsi Gauteng --di mana varian Delta yang sebelumnya dominan telah dengan cepat digantikan oleh Omicron yang lebih mudah menular-- dapat bermanfaat.

"Saat ini tidak diketahui apakah itu akan menggantikan Delta," kata Dr Coetzee, tetapi menambahkan, "Jika demikian, itu akan menjadi hadiah pertama, karena kami saat ini mengalami sebagian besar kasus ringan."

Ketua SAMA sebelumnya mengatakan varian baru "sangat ringan", dengan gejala atipikal untuk COVID-19 seperti batuk gatal dan nyeri otot --khas pilek dan flu biasa.

Dr Coetzee mengatakan para ahli kesehatan akan "tahu lebih banyak dalam satu atau dua minggu ke depan tentang situasi terkait kasus yang parah".

Dan dia memperingatkan bahwa penyebaran mikron di antara orang yang tidak divaksinasi dapat menyebabkan munculnya jenis virus baru dan tidak terduga.

"Jika orang tidak divaksinasi, kemungkinan besar kita akan melihat varian baru dengan mutasi yang tidak diketahui," kata Dr Coetzee.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini