Debat Panas PDIP-PKS Bahas Habib Rizieq, Arteria: Sudah Kami Perjuangkan...

Debat Panas PDIP-PKS Bahas Habib Rizieq, Arteria: Sudah Kami Perjuangkan... Kredit Foto: Instagram/Arteria Dahlan

Perwakilan Komisi III DPR RI menerima forum ulama dan Habaib ahli Sunnah Wal Jamaah Indonesia dari Jawa Tengah di Gedung DPR, Senin 6 Desember 2021. Dalam pertemuan itu, salah satu keluhan terkait ketidakadilan terhadap Habib Rizieq Shihab.

Anggota Komisi III yang hadir kemudian satu persatu memberikan tanggapannya mengenai keluhan para habib tersebut. Momen menarik terjadi saat Anggota Komisi III Fraksi PKS Habib Aboe Bakar Al-Habsyi berdebat dengan Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP, yakni Arteria Dahlan.

Baca Juga: Habib Rizieq Serukan: Ingatlah! Kita Dikejar, Dianiaya, Diusir, Dipenjara...

"Begitu kalimat panjang yang disampaikan Arteria, disampaikan kawan-kawan cukup menarik semua. Namun, para ulama masih tetep bersikeras keadilan belum berjalan. Jadi, antara kata-kata dan fakta itu belum berbanding lurus," kata Aboe saat memulai tanggapannya.

Dia pun mengaku merasa berkepentingan menyalurkan aspirasi yang dimiliki para ulama. Aboe merasa memahami jika para ulama merasa tidak mendapatkan keadilan saat ini. Namun, dia menyebut PKS tidak memiliki banyak kursi di DPR sehingga tak memiliki kekuatan yang cukup untuk memperjuangkan para ulama.

Aboe menyebut, jika kursi PKS sebanyak yang dimiliki PDIP pasti kondisinya tidak akan seperti saat ini. "Kita ngerti Pak. Kalau saja PKS kursinya bisa seperti PDIP, suaranya berbeda. Saya sampaikan saja, tapi suara kami hanya 50 Pak, bisa ngomong apa gitu," ujarnya.

Tak lama setelah pernyataan tersebut dilontarkan, Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Johan Budi langsung menanggapi. Dia menyebut Aboe bisa membicarakan apapun yang diinginkan. "Saya kira habib bisa ngomong apa saja. Ngomong aja nggak apa-apa," ujarnya.

Setelah itu, Arteria ikut menimpali. Dia meminta waktu kepada pimpinan Komisi III DPR untuk bertanya maksud pernyataan Aboe. Padahal, menurut Arteria, selama ini PDIP sudah sangat memperjuangkan keadilan untuk para ulama.

"Sebentar Pak Ketua, ini tadi katanya kalau PKS suaranya lebih besar dari PDI Perjuangan, katanya bisa membuat sesuatunya beda seperti yang sekarang," kata Arteria. "Maksudnya apa yang kurang, biar kita perjuangkan kepada para kiai!" kata Arteria.

Bahkan, Arteria mengeklaim PDIP juga telah memperjuangkan Habib Rizieq. "Termasuk juga HRS itu sudah kita perjuangkan," tuturnya.

Setelah itu, Aboe kemudian meluruskan pernyataannya. Dia juga meminta kepada para ulama agar tidak kaget dengan suasana yang terjadi saat rapat tersebut. "Artinya begini, sama-sama kita berjuang. Ini politik nih Pak. Jangan kaget seperti ini. Semua berkepentingan. Tuntutan yang bapak-bapak sampaikan insyaallah kami akan follow up baik," ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini