Pengadilan Myanmar Vonis 4 Tahun Penjara Aung San Suu Kyi, Ternyata Tuntutannya...

Pengadilan Myanmar Vonis 4 Tahun Penjara Aung San Suu Kyi, Ternyata Tuntutannya... Kredit Foto: Reuters

Pengadilan khusus di ibu kota Myanmar menghukum pemimpin yang dikudeta, Aung San Suu Kyi, empat tahun penjara pada Senin (6/12/2021). Vonis dijatuhkan setelah dia dinyatakan bersalah atas hasutan dan melanggar pembatasan virus corona.

Pengadilan pada Senin (6/12/2021) tidak menjelaskan apakah Suu Kyi akan dikirim ke penjara karena dua hukuman atau ditempatkan di bawah tahanan rumah. Putusan pengadilan di Naypyitaw itu disampaikan oleh seorang pejabat hukum yang enggan disebutkan namanya karena takut dihukum oleh pihak berwenang.

Baca Juga: Myanmar Menghukum Pembantu Aung San Suu Kyi hingga 20 Tahun Penjara

Associated Press melaporkan, persidangan Suu Kyi tertutup untuk media dan penonton, dan pengacaranya, yang telah menjadi satu-satunya sumber informasi tentang proses tersebut, diberi perintah pembungkaman pada bulan Oktober yang melarang mereka merilis informasi.

Hukuman itu adalah yang pertama dari serangkaian kasus di mana peraih Nobel berusia 76 tahun itu diadili sejak tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari. Pejabat pemerintah tidak dapat segera dihubungi untuk rincian lebih lanjut tentang keputusan tersebut.

Pengadilan khusus adalah warisan pemerintahan kolonial Inggris, yang ditunjuk untuk mengadili kasus-kasus tertentu. Mereka paling sering digunakan untuk kasus-kasus politik.

Jika terbukti bersalah dalam semua kasus yang dia hadapi, dia bisa dihukum lebih dari 100 tahun penjara. Vonis dalam kasus lain terhadapnya diharapkan minggu depan.

Dalam perjuangannya yang panjang untuk demokrasi, ia telah menjalani 15 tahun tahanan rumah mulai tahun 1989.

Kasus penghasutan melibatkan pernyataan yang diposting di halaman Facebook partainya setelah dia dan para pemimpin partai lainnya ditahan oleh militer, sementara tuduhan virus corona melibatkan penampilan kampanye menjelang pemilihan pada November tahun lalu yang dimenangkan partainya.

Pengacara Suu Kyi berusaha keras agar tuduhan penghasutan itu dibatalkan. Bukti penuntut terdiri dari pernyataan yang diposting di halaman Facebook partai Suu Kyi. 

Pengacara pembela diharapkan mengajukan banding dalam beberapa hari mendatang untuk Suu Kyi dan dua rekannya yang juga dihukum Senin, kata pejabat hukum.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini