Anthony Fauci Bilang Laporan Awal yang Menggembirakan Tentang Varian Omicron, Disimak Baik-baik

Anthony Fauci Bilang Laporan Awal yang Menggembirakan Tentang Varian Omicron, Disimak Baik-baik Kredit Foto: Getty Images/Bloomberg/Kevin Dietsch

Pejabat kesehatan Amerika Serikat mengatakan pada Minggu (5/12/2021) bahwa sementara varian Omicron menyebar dengan cepat ke seluruh negeri, indikasi awal menunjukkan itu mungkin kurang berbahaya daripada Delta.

Kepala penasihat medis Presiden Joe Biden, Dr. Anthony Fauci, mengatakan kepada “State of the Union” CNN bahwa para ilmuwan memerlukan lebih banyak informasi sebelum menarik kesimpulan tentang tingkat keparahan Omicron.

Baca Juga: Profesor Israel: Varian Omicron Lebih Menular, tapi Mungkin Tidak Begitu...

"Sejauh ini, sepertinya tidak ada tingkat keparahan yang besar," kata Fauci, dikutip laman Associated Press, Senin (6/12/2021).

Laporan dari Afrika Selatan, di mana ia muncul dan menjadi jenis yang dominan, menunjukkan bahwa tingkat rawat inap tidak meningkat secara mengkhawatirkan.

"Tapi kita harus benar-benar berhati-hati sebelum kita membuat keputusan apa pun bahwa itu tidak terlalu parah atau tidak menyebabkan penyakit parah, seperti Delta," tambahnya.

Fauci mengatakan pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan untuk mencabut pembatasan perjalanan terhadap warga negara asing yang memasuki AS dari beberapa negara Afrika.

“Mudah-mudahan kami bisa mencabut larangan itu dalam jangka waktu yang cukup masuk akal,” kata Fauci.

Mereka diberlakukan ketika varian Omicron meledak di wilayah tersebut, tetapi Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengecam langkah-langkah seperti "apartheid perjalanan."

“Kami semua merasa sangat buruk tentang kesulitan yang telah terjadi tidak hanya di Afrika Selatan tetapi juga negara-negara Afrika lainnya,” kata Guterres.

Omicron telah terdeteksi di sekitar sepertiga negara bagian AS pada Minggu, termasuk di Timur Laut, Selatan, Great Plains, dan Pantai Barat. Wisconsin, Missouri, dan Louisiana termasuk di antara negara bagian terbaru yang mengonfirmasi kasus.

Tetapi Delta tetap menjadi varian dominan, membuat lebih dari 99% kasus dan mendorong lonjakan rawat inap di utara.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini