Survei Capres IPO: Elektabilitas Sandiaga Kian Meroket

Survei Capres IPO: Elektabilitas Sandiaga Kian Meroket Kredit Foto: Instagram Sandiaga Salahudin Uno

Indonesia Political Opinion (IPO) merilis survei elektabilitas simulasi calon presiden 2024. Hasilnya, Menparekraf Sandiaga Uno berada di urutan kedua dengan elektabilitas 13,8 persen.

“Kami menggunakan beberapa faktor untuk menilai elektabilitas para nama-nama yang muncul,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra dalam diskusi virtual, Sabtu (4/12/2021).

Survei menampilkan temuan tingkat keterpilihan terhadap 30 dan 15 nama tokoh yang masuk dalam simulasi Pilpres 2024. Ada sejumlah faktor persepsi yang mempengaruhi pilihan para responden.

Survei digelar pada 29 November hingga 2 Desember 2021. Ada 1.200 orang yang menjadi responden. Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan sampling error 2,50 persen dan tingkat akurasi data 95 persen.

Dedi menyampaikan hasil survei menunjukkan bahwa publik mulai beralih dari Prabowo Subianto ke Sandiaga. 

Berdasarkan survei, posisi pertama ditempati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 21,3 persen. Di posisi ketiga ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 11,6 persen.

Sementara diposisi keempat ditempati oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 10,2 persen; Prabowo dengan raihan 8,4 persen, hingga Ridwan Kamil dengan 7,5 persen.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini