Catat! Agar Tidak Viral, Polisi Diminta untuk Segera Minta Maaf Kalau Berbuat Salah

Catat! Agar Tidak Viral, Polisi Diminta untuk Segera Minta Maaf Kalau Berbuat Salah Kredit Foto: Antara/Nyoman Budhiana

Inspektur Pengawasan Umum Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto meminta agar jajaran kepolisian tak malu untuk meminta maaf jika berbuat salah ataupun melanggar aturan. Hal itu disampaikan Agung di hadapan para Kapolda dan Kapolres se-Indoensia saat memberikan pengarahan dalam apel Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) di Bali, pada Jumat hari ini, 3 Desember 2021.

"Tadi Pak Wakapolri (Komjen Gatot Eddy Pramono) sudah menyingung soal ini, jadi segera diredam, segera diklarifikasi. Kalau perlu minta maaf ya minta maaf, sehingga tidak viral," kata Agung, Jumat.

Agung meminta, agar pimpinan kepolisian sigap dalam meredam isu ataupun permasalahan yang terjadi di masing-masing wilayahnya. Sehingga, setiap kasus tersebut nantinya tidak merebak menjadi isu nasional dan viral. Agung juga meminta pimpinan kewilayahan polisi dapat bergerak cepat dalam memberikan klarifikasi ataupun tanggapan atas kasus-kasus yang terjadi

Baca Juga: Omongan 'Tajam' Presiden Jokowi Langsung Mengarah ke Kapolda-Kapolres, Polri Bersuara: Intinya...

"Kemudian kami menyarankan mungkin ada tokoh-tokoh punya follower yang banyak segera silahturahmi untuk membantu klarifikasi apabila di kesatuannya ada yang viral," ungkapnya. Menurut dia, permasalahan yang sudah terselesaikan tak perlu dibesar-besarkan lagi. Sehingga, manajemen komunikasi lewat media harus dilakukan.

"Apabila masalah itu sudah colling down, artinya kalau masalah sudah selesai jangan diberitakan lagi, malah dibesarkan lagi oleh media mainstream maupun media sosial," jelas Agung.

Diketahui, dalam beberapa waktu terakhir sempat terjadi banyak kasus yang melibatkan personel kepolisian. Tagar #PercumaLaporPolisi juga sempat menggema di jagat media sosial dan menjadi perbincangan oleh warganat

Kasus itu dipicu pemberitaan mengenai penutupan kasus dugaan pencabulan terhadap tiga anak di Luwu Timur yang diduga dilakukan oleh ayahnya. Kemudian, muncul juga kasus dugaan asusila yang menyeret Kapolsek Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini