Repdem Tegaskan Komitmen Menangkan PDIP Pemilu 2024, Soal Pilpres Menunggu...

Repdem Tegaskan Komitmen Menangkan PDIP Pemilu 2024, Soal Pilpres Menunggu... Kredit Foto: Akurat

Organisasi sayap PDIP, Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), siap membuktikan komitmen memenangkan partai pada Pemilu 2024. Repdem akan terus fokus menggarap pengorganisasian masyarakat pekerja, kaum buruh, tani, nelayan, dan kaum miskin marhaen lainnya.

Ketua Umum DPN Repdem, Wanto Sugito menyatakan, pihaknya siap menjalankan perintah partai yang disampaikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Repdem akan ikut terlibat dalam pemenangan politik PDIP.

Wanto menegaskan pihaknya akan bekerja keras memastikan kemenangan PDIP di pemilu 2024, sehingga menciptakan hattrick setelah menang di 2014 dan 2019.

Baca Juga: Sakit Hatinya Orang Tua Penyandang Disabilitas Melihat Anaknya Dibentak-bentak Risma, Keterlaluan!

"Kami targetkan tuntas pada Maret 2022, yaitu konsolidasi dalam rangka membuktikan Repdem sebagai sayap partai yang memperkuat kontribusi kemenangan elektoral PDI Perjuangan di 2024," kata Wanto alias Bung Kluthuk dalam keterangannya kepada AKURAT.CO, Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Wanto juga menyinggung pemenangan Pilpres 2024. "Soal pilpres kita tunggu komando Ibu Megawati. Saudara-saudara siap?" kata Wanto kepada para kader Repdem.

"Siap!" jawab kader Repdem.

Dalam kesempatan itu, Repdem membawa perwakilan sejumlah kelompok masyarakat yang selama ini diadvokasi oleh Repdem.

Baca Juga: Slamet Maarif, Sosok yang Menonjol di Reuni 212: Pernah Ingatkan Prabowo untuk Hati-hati

Ada Ibu Umi, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Karawang, yang hampir saja tertahan di Yordania karena terjerat illegal human trafficking.

"Saya terlantar di Yordania akhirnya bisa pulang ke Indonesia berkat Repdem dan PDIP. Terima kasih banyak, kalau bukan karena mereka mungkin saya sekarang tak ada disini," kata Umi.

Ada juga perwakilan Pedagang Kaki Lima (PKL) wilayah Puncak dan Ancol Jakarta Utara, yang selama ini diadvokasi oleh Repdem.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat ulang tahun ke-17 kepada Repdem.

Repdem diingatkan untuk terus berjuang untuk rakyat marhaen, namun dengan kedisiplinan partai serta penghormatan hukum sesuai ajaran Bung Karno.

Ucapan selamat dari Megawati itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat upacara perayaan HUT Repdem tersebut yang dilaksanakan di Gedung Sekolah Partai di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Dilema PDIP Memilih Puan Maharani dan Ganjar Pranowo di 2024, Pengamat: PDIP Akan Sulit Melepas...

"Dalam ulang tahun kali ini, Ibu Megawati mengucapkan selamat kepada jajaran Repdem, yang selama ini sudah menunjukkan karakternya sebagai banteng-banteng perjuangan membela rakyat yang menjadi korban kesewenang-wenangan, korban ketidak adilan dan juga penyalahgunaan kekuasaan," kata Hasto.

Kata Hasto, Megawati mendorong agar semangat juang itu dilanjutkan. Namun ada pesan lainnya juga.

Hasto menjelaskan bahwa perjuangan Repdem harus sejalan dengan PDIP yang berbasis pada ajaran Bung Karno (BK). Sementara ajaran BK sendiri menjadikan rakyat buruh, tani, dan nelayan sebagai orientasi, namun harus didasari keyakinan ideologi serta kedisiplinan.

"Jadi kita semua harus memastikan diri sebagai partai yang disiplin. Kita tidak boleh membela rakyat, tapi dengan melanggar hukum. Semua melakukan aksi membela rakyat, harus disiplin dan taat aturan," tegas Hasto.

Yang selanjutnya, dalam membela rakyat itu, tak boleh membedakan suku dan agamanya.

"Ini agamanya apa, ini sukunya apa, itu tidak boleh. Karena ketuhanan sebagaimana disampaikan Soekarno adalah ketuhanan yang berbudi pekerti luhur, ketuhanan yang tidak ada egoisme agama, ketuhanan yang hormat menghormati, yang seharusnya menebar kebaikan, ketuhanan yang berkebudayaan," urainya.

Baca Juga: Wacana Ganjar Pranowo Bersanding dengan Moeldoko di Pilpres 2024? Pengamat: Saya Rasa Tampaknya...

Ketiga, seluruh aspek kemanusiaan harus menuju ke arah keadilan sosial. Maka Repdem harus bergerak menyatu dengan rakyat. Membangun langkah satu rampak barisan bersama untuk memerangi kemiskinan.

"Ini harus bergelora. Satu langkah barisan menentang kemiskinan," ujar Hasto. []

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini