AS dan Eropa Izinkan Warganya Kunjungi Indonesia, Kemenkes: Bukti Pandemi RI Terkendali

AS dan Eropa Izinkan Warganya Kunjungi Indonesia, Kemenkes: Bukti Pandemi RI Terkendali Kredit Foto: KPCPEN

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meyakini kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini tergolong kategori terkendali.

Salah satunya terlihat dari Amerika Serikat dan Uni Eropa yang mengategorikan Indonesia sebagai negara yang aman dikunjungi oleh warga negara mereka.

Baca Juga: Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Baru 58,4%, Kemenkes Dorong Pemda Kejar Target

"Artinya, tidak ada imbauan dari negara mereka untuk melarang warganya berkunjung ke Indonesia. Ini suatu hal yang baik untuk kita," ujar Nadia dalam dialog virtual KPCPEN, Jumat (3/12/2021).

Hal ini berbeda bila dibandingkan pada Juli 2021 lalu yang lonjakan kasus Covid-19 terlampau tinggi. Situasi ini membuat banyak negara melarang warga negaranya untuk datang mengunjungi Indonesia.

"Sama seperti saat ini kita melihat varian Omicron. Banyak negara yang untuk sementara ini menunda atau menerima warga negara asing yang berasal dari negara-negara yang sudah melaporkan adanya kasus Omicron ini," jelas Nadia.

Sementara di Indonesia, saat ini angka penularan virus Covid-19 di Indonesia masuk di level rendah. Hal ini juga turut didukung dengan percepatan vaksinasi yang telah dilakukan.

Berdasarkan laman resmi Kemenkes, jumlah cakupan vaksin Covid-19 dosis satu telah mencapai 141.503.092 dosis (67,94%) per 3 Desember 2021 pukul 12.00 WIB, sedangkan dosis kedua telah mencapai 98.046.834 dosis (47,08%).

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini