Fidelity Kanada Resmi Luncurkan ETF dan Reksa Dana

Fidelity Kanada Resmi Luncurkan ETF dan Reksa Dana Kredit Foto: Unsplash/Executium

Fidelity Kanada secara resmiĀ  meluncurkan Fidelity Advantage Bitcoin exchange-traded fund (ETF) dan Fidelity Advantage Bitcoin ETF Fund (reksa dana), menandai aset pertama yang tersedia di negara itu dan mengkonfirmasi laporan sebelumnya tentang masalah tersebut .

Dana tersebut memiliki ticker FBTC dan FBTC.U, dalam mata uang dolar Kanada dan Amerika Serikat, dan terdaftar di Bursa Efek Toronto. ETF Bitcoin Fidelity berusaha melacak kinerja harga spot Bitcoin ( BTC ). Fidelity saat ini mengelola aset sebesar CA$208 miliar (162,27 miliar dolar) di negara tersebut.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Varian Omicron Bertambah di Kanada, Warga Diminta Tunda Piknik Liburan

ETF akan memiliki biaya manajemen tahunan sebesar 0,4%. Biaya operasional dan biaya perdagangan belum tersedia karena aset masih baru. Dan lebih dari 98% Bitcoin yang dibeli dengan dana disimpan di dompet dingin.

Implikasinya signifikan bagi investor ritel Kanada yang membuka rekening terdaftar pemerintah, seperti Rekening Tabungan Bebas Pajak (TFSA), dan membeli ETF Bitcoin. Sesuai dengan namanya, sekuritas yang dimiliki di TFSA dibebaskan dari kewajiban pajak capital gain.

Sejak 2009, batas kontribusi tahunan untuk TFSA berkisar dari CA$5.000 (3.903 dolar) hingga CA$10.000 (7.807 dolar). Kontribusi yang tidak terpakai dari tahun-tahun sebelumnya dibawa ke depan, menjadikannya kumulatif.

Selain itu, semua keuntungan realisasi yang diperoleh di TFSA ditambahkan kembali ke ruang kontribusi. Secara hipotesis, jika seorang investor membeli 10.000 dolar dalam ETF Bitcoin dan menjualnya seharga 20.000 dolar, maka apresiasi modal lebih lanjut dari menginvestasikan kembali 20.000 dolar penuh, bukan 10.000 dolar. Serta akan memenuhi syarat untuk pembebasan pajak capital gain.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini