Ilmuwan di Universitas Hong Kong Pertama di Asia yang Mengisolasi Varian Omicron

Ilmuwan di Universitas Hong Kong Pertama di Asia yang Mengisolasi Varian Omicron Kredit Foto: Unsplash/Fusion Medical Animation

Para ilmuwan di Universitas Hong Kong (HKU) telah menjadi yang pertama di Asia yang berhasil mengisolasi varian baru virus corona Omicron dari sampel klinis.

“Para peneliti di Departemen Mikrobiologi di The University of Hong Kong telah berhasil mengisolasi varian Omicron SARS-CoV-2 dari spesimen klinis. Ini adalah tim peneliti pertama di Asia yang diketahui berhasil mengisolasi varian Omicron,” ujar HKU mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Australia Laporkan Kasus Omicron Pertama dari Lokal, Warga yang Tak Keluar Negeri

Setelah isolasi varian, dilansir Sputnik News, Jumat (3/12/2021) para ilmuwan sekarang dapat mengembangkan vaksin melawan Omicron, yang diklasifikasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai varian yang menjadi perhatian.

Para ilmuwan di HKU berhasil mengisolasi varian pada Senin malam, empat hari setelah dua kasus pertama Omicron dikonfirmasi di Hong Kong pada 25 November. Tim peneliti sekarang sedang melakukan eksperimen pada transmisibilitas varian, kemampuan penghindaran kekebalan dan patogenisitas.

Sejauh ini, Hong Kong telah mencatat tiga kasus Omicron.

Varian virus corona baru pertama kali dilaporkan ke WHO oleh Afrika Selatan pekan lalu. Menurut WHO, tingginya jumlah mutasi pada protein lonjakan bisa membuatnya lebih menular dan berbahaya daripada semua jenis sebelumnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini