Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Hanya Modal, Ini yang Dibutuhkan oleh Entrepreneur Muda

Tak Hanya Modal, Ini yang Dibutuhkan oleh Entrepreneur Muda Kredit Foto: Baqoel Group
Warta Ekonomi, Jakarta -

Permodalan bukan satu-satunya aspek yang dibutuhkan oleh entrepeneur atau wirausahawan muda. Menurut CEO Thenblank Mutiara Kamila Athiyya, pembinaan juga menjadi hal yang perlu diberikan kepada para wirausahawan muda.

"Saya pikir yang dibutuhkan bukan hanya dana, tapi juga pembinaan atau pelatihan secara rutin dari awal sampai akhir," kata Mutiara dalam dialog virtual KPCPEN, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Demografi Indonesia Dinilai Potensial, Kemenpora Kejar Pembangunan Ekosistem Kewirausahaan

Pasalnya, mungkin terdapat sejumlah bisnis yang ingin memiliki investor. "[Meskipun] ada juga yang tidak punya investor pun tidak masalah," tambahnya.

Hal ini juga diamini oleh Founder & CEO PT Young On Top Nusantara Billy Boen. Ia mengaku saat sebelum pandemi ia menemukan banyak anak muda yang masih takut ambil langkah pertama. Tak hanya itu, banyak juga yang beralasan terkait modal.

Billy menggarisbawahi para pemuda perlu untuk mengembangkan diri dan percaya diri saat akan memulai usaha. "Modal bukan utama. Nomor satu mental dan mindset entrepreneur sudah punya apa belum," pungkasnya.

Di sisi lain, Mutiara mengungkapkan terdapat tantangan yang perlu dihadapi oleh wirausahawan masa kini. Masalah ini hadir lantaran merambahnya dunia digital dengan mulus.

"Tantangan sekarang adalah bagaimana bisa masuk digital secara mulus. Karena meski pandemi, di mana-mana tutup, screentime kita naik," tuturnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan