Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demografi Indonesia Dinilai Potensial, Kemenpora Kejar Pembangunan Ekosistem Kewirausahaan

Demografi Indonesia Dinilai Potensial, Kemenpora Kejar Pembangunan Ekosistem Kewirausahaan Kredit Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Bidang Pemetaan dan Penelurusan IPTEK Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Yossi Ahmad Falah melihat demografi Indonesia pada 2030 potensial untuk membangun ekosistem kewirausahaan.

Menurutnya, generasi muda akan mendominasi populasi Indonesia pada tahun tersebut dengan angka sekitar 64%.

Baca Juga: Tanamkan Jiwa Kewirausahaan, Universitas Prasetiya Mulya Raih Penghargaan dari Kemendikbud

"Potensi demografi ini harus jadi bonus yang bermanfaat, kita bangun ekosistem kewirausahaan," ungkapnya dalam dialog virtual KPCPEN, Kamis (2/12/2021).

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah kementerian terkait dengan upaya memanfaatkan peluang dan membangun ekosistem kewirausahaan. Dalam hal ini, pemerintah juga membangun program bersama guna membangun ekosistem kewirausahaan, tak hanya dari sisi pembiayaan namun juga sisi lainnya.

"Lalu, di bidang IPTEK kami juga sudah memetakan dan menelusuri bagaimana agar potensi pemuda ini bisa tergali lebih jauh," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia meminta masukan dari generasi muda terkait apa saja yang dibutuhkan untuk difasilitasi. Permintaannya ini datang lantaran pemerintah sebagai regulator dan fasilitator ingin agar regulasi dan aturan dalam mengembangkan ekosistem kewirausahaan dapat diterima dengan baik oleh generasi Z.

"Ekosistem pengembangan kewirausahaan yang dibangun diharapkan bisa segera menyentuh pemuda di seluruh penjuru Indonesia, baik di kota maupun desa," pungkasnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan