Singapura Tiba-tiba Sampaikan Hal Ini, Indonesia Mungkin Dapat Untung

Singapura Tiba-tiba Sampaikan Hal Ini, Indonesia Mungkin Dapat Untung Kredit Foto: Unsplash/Justin Lim

Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean siap mendukung sejumlah agenda milik Indonesia dalam Forum Kelompok 20 atau G20.

"Kami akan terus mendukung Indonesia memajukan agenda-agenda yang Indonesia usung di G20 tersebut," ujar Teo Chee Hean saat bertemu Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Wapres Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Nilai Investasi Indonesia di Masa Pandemi Ternyata Kejutkan Singapura

Singapura sendiri bukan anggota G20, namun diundang untuk berpartisipasi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2010 hingga 2011 dan 2013 hingga 2020.

Singapura biasanya diundang sebagai koordinator dari kelompok informal atas negara-negara kecil dan menengah atau the Convenor of the Global Governance Group (3G).

The Global Governance Group merupakan kelompok 30 negara kecil dan menengah di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didirikan Singapura pada 2009 untuk mempromosikan dialog dalam Forum G20.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan enam agenda yang akan diusung Indonesia sebagai presiden dalam G20 Tahun 2020.

Agenda tersebut adalah exit strategy untuk mendukung pemulihan, mengatasi dampak pandemi untuk mengamankan pertumbuhan masa depan, sistem pembayaran digital, keuangan berkelanjutan, inklusi keuangan, dan perpajakan internasional.

Dalam kepemimpinan Indonesia di G20, pemerintah mengusung tema Recover Together, Recover Stronger.

Hal itu untuk mengajak seluruh negara bangkit dalam mencapai pemulihan pascapandemi Covid-19 dengan lebih kuat dan berkelanjutan.

Indonesia juga berkesempatan mendorong upaya kolektif dari berbagai negara untuk mewujudkan kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi global secara inklusif.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini