Pengamat Angkat Bicara Soal Nasib Rizal Ramli yang Terganjal Aturan untuk Maju Jadi Capres 2024

Pengamat Angkat Bicara Soal Nasib Rizal Ramli yang Terganjal Aturan untuk Maju Jadi Capres 2024 Kredit Foto: Twitter/Rizal Ramli

Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia Democratic Policy Satyo Purwanto menyoroti Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli yang berniat maju sebagai Capres 2024.

Menurutnya, sosok pakar ekonomi tersebut tidak bisa diabaikan karena telah menjadi aset penting bagi bangsa selama ini.

“Ketokohan dan kepakaran ekonom senior Dr. Rizal Ramli merupakan aset penting bangsa Indonesia,” ujar Satyo Purwanto kepada GenPI.co, Rabu (1/12).

Baca Juga: Ahok Suka Berkoar-koar, Pengamat: Bagusnya Dia Jadi Pihak Oposisi, Berani Nggak Ya? Soalnya...

Meski demikian, menurut Satyo, sangat disayangkan apabila Rizal Ramli yang sudah teruji dan memiliki kapasitas sebagai capres terhalang oleh aturan dari presidential threshold.

“Hanya saja, langkah menuju RI 1 selalu diganjal dengan adanya presidential threshold. Karena, terjadinya transaksi politik dari parpol atau pun si calon pemimpin,” katanya.

Dirinya juga menduga ada niat buruk di balik ambang batas presidential treshold yang tinggi.

Hal tersebut bisa menjadi ladang bisnis, karena sosok yang hendak menjadi presiden harus punya sumber logistik yang banyak.

“Kalau mau nyalon jadi presiden harus ada biaya kendaraan. Bahkan, hal itu memerlukan biaya yang sangat besar bahkan kadang nilainya hingga enggak masuk akal,” ucap Satyo.

Di sisi lain, Pendiri lembaga survei KedaiKopi sekaligus pengamat politik Hendri Satrio juga mengakui bahwa Rizal Ramli merupakan tokoh yang luar biasa. 

“Memiliki banyak pandangan positif dan terobosan ide brilian. Terkait dukungan yang dia minta, enggak apa-apa juga,” ucap Hendri.

Baca Juga: Video Viral yang Diduga Banser: Andaikan Negara Ini Bubar, yang Siap Memimpin Indonesia Itu Hanya NU

Menurut Hendri, sosok tersebut memiliki bisa dipilih atau mencalonkan dirinya sendiri untuk memunculkan calon presiden alternatif dalam Pilpres 2024 nanti.

“Sekarang, tergantung dari diri kita sendiri. Kita mau mencalonkan diri atau akan dicalonkan oleh orang lain? Yang dilakukan oleh Rizal Ramli ini enggak ada yang salah, menurut saya bagus dan baik,” tandas Hendri. (*)

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini