Reli Sinterklas, Investor Berharap Harga Bitcoin Naik di Akhir Tahun dan Awal Tahun

Reli Sinterklas, Investor Berharap Harga Bitcoin Naik di Akhir Tahun dan Awal Tahun Kredit Foto: Unsplash/André François McKenzie

Dalam siklus pasar bull sebelumnya, telah terjadi koreksi terukur sebelum reli di akhir tahun, dan jika sejarah akan berirama dan memiliki pola, hal itu bisa terjadi lagi.

Melansir dari Cointelegraph, Kamis (02/12) Bitcoin (BTC) mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar 69.000 dolar pada 10 November dan sejak itu mundur sekitar 17% ke level saat ini.

Baca Juga: Resign dari Twitter, Jack Dorsey Diprediksi Bakal Terjun Lebih Dalam ke Bitcoin

Beberapa outlet media arus utama seperti Forbes telah mengambil pandangan bahwa kemunduran saat ini telah menjerumuskan pasar kembali ke wilayah bearish dengan judul “Apakah Bitcoin Memasuki Pasar Beruang Setelah Jatuh 20% Dari ATH-nya?” pada artikel Selasa lalu.

Tetapi penurunan pada November sebenarnya adalah koreksi terlemah tahun 2021, dibayangi oleh koreksi 53,4% Bitcoin selama tiga bulan antara April dan Juli. Koreksi terbaru di bulan September adalah yang terdalam kedua, mencapai 37% dari ATH April.

Dalam laporan “Week On-Chain” hari Senin, penyedia analitik Glassnode berpendapat bahwa koreksi saat ini hanyalah “bisnis seperti biasa untuk penipu Bitcoin,” mengisyaratkan bahwa akan segera berakhir. Itu juga menegaskan bahwa koreksi pasar saat ini adalah "sebenarnya yang paling parah di tahun 2021."

Kecuali kejatuhan pasar saham karena situasi varian Omicron COVID-19 yang memburuk, beberapa orang percaya saat ini mungkin berada di jalur untuk reli Sinterklas. Ini adalah istilah dari pasar saham ketika harga naik selama lima hari perdagangan terakhir di bulan Desember dan dua hari perdagangan pertama di bulan Januari. Namun, itu juga telah dicatat di pasar kripto di tahun-tahun sebelumnya dan sering kali merupakan singkatan dari kenaikan harga sepanjang bulan Desember.

Desember lalu melihat lonjakan 47% dalam harga BTC sepanjang bulan, dan Desember 2017 menyaksikan pemompaan 80% ke level tertinggi baru sepanjang masa pada saat itu. Keduanya berada di pasar bull seperti hari ini. Pada saat penulisan, BTC diperdagangkan dengan harga lebih dari 57.000 dolar, sehingga reli Sinterklas yang serupa dengan tahun lalu dapat melihat harga melonjak ke atas 80.000 dolar sebelum tahun ini berakhir.

Pendiri 8848 Invest Nikita Rudenia juga yakin tentang reli Sinterklas, dan berkomentar:

“Terlepas dari kemunduran yang jelas sejauh ini, Bitcoin masih berada di jalur untuk menutup tahun pada 70.000 dolar per koin, dan, jika prestasi ini tercapai, kita mungkin melihat koin menyentuh 75.000 dolar pada awal 2022 sebelum kita mendapatkan koreksi besar.”

Menariknya, Ether (ETH) saat ini mengungguli. Rasio ETH/BTC adalah yang tertinggi sejak pertengahan Mei di 0,082 BTC per 1 ETH atau sekitar 12 ETH per 1 BTC, menurut CoinGecko. Ini bisa melihat ETH mengarah ke kenaikan harga lebih lanjut di bulan Desember.

Setelah mendalami pola on-chain, Glassnode menyimpulkan bahwa investor Bitcoin berada di posisi yang lebih menguntungkan daripada selama koreksi September.

"Baik Pemegang Jangka Panjang dan Jangka Pendek memegang pasokan yang lebih menguntungkan daripada koreksi September, yang secara umum dapat dilihat sebagai konstruktif untuk harga."

Glassnode melaporkan bahwa total proporsi pasokan menguntungkan yang dipegang oleh pemegang jangka pendek telah meningkat 60% sejak September. Hal ini diringkas, "Dalam kondisi pasar bull, kombinasi ini biasanya menetapkan pandangan jangka pendek yang cukup konstruktif."

Melalui harapan reli Sinterklas, oleh karena itu, diharapkan akan mulai tumbuh. Lonjakan seperti itu di akhir tahun dapat dikaitkan dengan sejumlah faktor, seperti kegembiraan liburan dan peningkatan likuiditas karena bonus Natal.

Namun, varian baru Corona virus Omicron dapat meredam pesta jika ada dampak besar pada pasar keuangan global dan lebih banyak Lock Down diberlakukan atau tampaknya mungkin. Menurut Nasdaq, investor mungkin berada di sela-sela untuk sementara waktu sampai lebih banyak diketahui tentang jenis virus baru. Sisi positifnya, Bitcoin diperdagangkan hanya dengan 18.857 dolar  tahun lalu.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini