Invesco Luncurkan Catatan yang Diperdagangkan di Bursa ETN Spot Eropa

Invesco Luncurkan Catatan yang Diperdagangkan di Bursa ETN Spot Eropa Kredit Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta

Segera setelah mengajukan pengajuan untuk dana yang diperdagangkan di bursa berjangka (ETF) Bitcoin (BTC) di Amerika Serikat, manajer aset Invesco meluncurkan catatan yang diperdagangkan di bursa BTC (ETN) spot di Eropa.

Melansir dari Cointelegraph, pada 29 November, operator pasar saham Jerman Deutsche Boerse secara resmi mengumumkan daftar Invesco Physical Bitcoin ETN di bursa saham digitalnya, Xetra. Produk baru akan diperdagangkan di bawah simbol ticker BTIC.

Baca Juga: Tahun ini Biaya Transaksi Rata-rata Bitcoin Turun 57,97%

Diakui ke pasar Bursa Efek Frankfurt yang teregulasi, produk ETN baru secara fisik didukung oleh Bitcoin dan dibersihkan secara terpusat melalui Eurex Clearing. “Melalui kliring sentral, investor mendapat manfaat dari pengurangan risiko secara signifikan dalam penyelesaian transaksi,” tulis pengumuman tersebut.

Menurut sebuah laporan oleh publikasi yang berfokus pada ETF, ETF Stream, penyimpanan Bitcoin yang diadakan atas nama BTIC akan diberikan oleh platform penyimpanan kripto Standard Chartered, yang dikenal sebagai Zodia. Northern Trust, co-investor di Zodia, dilaporkan akan bertindak sebagai administrator untuk BTIC. Diluncurkan pada akhir 2020, Zodia terdaftar di Otoritas Perilaku Keuangan Inggris.

Manajer aset digital utama Eropa CoinShares adalah mitra terkenal dari Invesco dan akan berfungsi sebagai sponsor indeks dan agen eksekusi untuk ETN baru. BTIC melacak indeks CoinShares Bitcoin Hourly Reference Rate, memberikan kinerja harga pada aset dasar dikurangi biaya.

Berita itu muncul tak lama setelah Invesco menarik pengajuannya dengan Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS untuk ETF berbasis berjangka Bitcoin pada bulan Oktober untuk memberi investor opsi investasi yang lebih baik daripada hanya ETF berjangka BTC 100%.

“Bitcoin fisik adalah pasar yang lebih dapat diamati. Salah satu kekhawatiran kami adalah kedalaman likuiditas sintetis serta apa yang mungkin terjadi pada penilaian dari waktu ke waktu dan itu adalah sesuatu yang kami tidak sepenuhnya nyaman,” kata Gary Buxton, kepala ETF dan strategi terindeks di Invesco. Dia menambahkan bahwa Invesco telah mengerjakan produk tersebut sejak pertengahan 2018.

Masuknya Invesco ke industri produk yang diperdagangkan di bursa kripto (ETP) Eropa datang ketika Deutsche Boerse secara aktif memperluas jangkauan produk turunan kripto yang didukung di seluruh bursa yang dioperasikannya. Menurut perusahaan, pertukaran Xetra menawarkan sebanyak 26 ETN dari tujuh penyedia di berbagai cryptocurrency termasuk Bitcoin, Ether (ETH), Bitcoin Cash (BCH), Cardano (ADA), Litecoin (LTC) dan lainnya.

Baik ETF dan ETN adalah jenis ETP dan mereka cukup mirip karena melacak aset dasar dan diperdagangkan di bursa dengan cara seperti sekuritas lainnya. Sementara ETF menganggap investasi dalam dana yang memegang aset, ETN lebih seperti obligasi, memberikan paparan catatan utang tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh sebuah institusi.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini