Ma’ruf Cahyono : Pembangunan Desa Harus Dibarengi dengan Wawasan Kebangsaan

Ma’ruf Cahyono : Pembangunan Desa Harus Dibarengi dengan Wawasan Kebangsaan Kredit Foto: MPR

Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma’ruf Cahyono, SH, MH, mengatakan desa akan menjadi kawasan terbuka bagi masuknya berbagai pengaruh dunia luar termasuk di dalamnya globalisasi dan kemajuan teknologi. Untuk itu, nilai-nilai kearifan lokal harus tetap dijaga dan dilindungi agar tidak tergeser dan tersisihkan oleh laju roda zaman. 

“Kita tentu tidak menginginkan pengembangan potensi desa menjadi pintu masuk atas lunturnya kearifan lokal, tergerusnya semangat kegotong-royongan, dan terkikisnya wawasan kebangsaan, karakter dan jati diri ke-Indonesiaan kita. Selaras dengan itu, upaya pengembangan potensi dan sumber-sumber daya desa harus dibarengi dengan pembangunan wawasan kebangsaan,” kata Ma’ruf Cahyono dalam Pelantikan dan Rapat Kerja Nasional DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) periode 2021 – 2026 di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga: Hampir Buat Nyawa Ketua MPR Bamsoet Melayang, Sean Gelael: Ini Adalah Balapan!

Pelantikan dan Rakernas DPP Apdesi Periode 2021 – 2026 bertema “Membangun Indonesia dari Desa” dihadiri Menteri Dalam Negeri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian, Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Dr Ir Wahyu Utomo, Ketua Umum Apdesi 2021 – 2026 H. Surta Wijaya dan ratusan peserta Rakernas. 

Ma’ruf Cahyono menjelaskan MPR RI senantiasa konsisten melaksanakan pembangunan karakter bangsa melalui pemasyarakatan Empat Pilar MPR RI kepada seluruh elemen masyarakat bangsa dan negara. Empat pilar MPR RI itu adalah Pancasila sebagai dasar negara, landasan ideologi, etika moral, dan alat pemersatu bangsa, UUD NRI Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional, NKRI sebagai konsensus kebangsaan yang harus kita junjung tinggi, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu dan kemajemukan bangsa. 

“Apdesi bisa bekerjasama dengan MPR RI.  Apdesi bisa berkontribusi dalam rangka mendukung visi MPR sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat serta tugas MPR dalam melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR, pengkajian terhadap sistem ketatanegaraan, serta menyerap aspirasi masyarakat,” katanya.

Berbicara desa, Ma’ruf mengatakan pembangunan nasional bisa dikatakan berhasil apabila desa dalam lingkup terkecil suatu negara telah diperhatikan dengan baik dari sisi kemajuan dan kemandiriannya di berbagai bidang. Desa memiliki peranan penting dalam menunjang kesuksesan pemerintahan nasional secara luas. Bahkan desa menjadi garda terdepan dalam menggapai keberhasilan dari segala urusan dan program pemerintah. 

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini