Bermain Imbang, Persipura Jayapura Gagal Manfaatkan Momentum

Bermain Imbang, Persipura Jayapura Gagal Manfaatkan Momentum Kredit Foto: Liga 1 BRI

Persipura Jayapura masih belum bisa keluar dari zona degradasi setelah gagal memetik poin penuh pada pekan ke-14 Liga 1, Sabtu (27/11) malam WIB. Tim Mutiara Hitam mesti puas dengan raihan satu poin usai ditahan imbang PSM Makasar, 1-1.

Persipura bahkan tertinggal lebih dulu lewat gol penalti Anco Jansen. Beruntung, Yohanes Pahabol bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-33. Skor 1-1 pada babak pertama ini pun bertahan hingga laga usai.

Kegagalan memetik poin penuh di laga ini membuat Persipura Jayapura masih tertahan di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan sembilan poin dari 14 laga. Persipura masih tertinggal tiga poin dari Persela, yang duduk di posisi ke-15.

PSM Makasar langsung menekan pertahanan Persipura Jayapura begitu laga dimulai. Pada menit keempat, Juku Eja mendapatkan peluang pertama lewat sepakan Yakob Sayuri.

Namun, beruntung buat Persipura, bola hasil sepakan Yakob masih melebar di sisi gawang. Juku Eja akhirnya berhasil merobek gawang tim Mutiara Hitam pada menit ke-13.

Anco Jansen, yang mendapatkan sodoran umpan Jan Pluim, dilanggar di dalam kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih dan memberikan hadiah tendangan penalti buat PSM.

Jansen mengeksekusi tendangan penalti tersebut dengan sempurna. Pemain asal Belanda itu mengarahkan bola ke pojok kanan atas gawang Persipura, yang gagal dihalau kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Persipura, yang tengah berusaha menjaga tren positif raihan hasil, langsung berupaya untuk membalas. Sebuah serangan yang dibangun tim Mutiara Hitam berbuah maksimal pada menit ke-34. Sepakan terarah yang dilepaskan Yohanes Pahabol dari sisi kanan pertahanan meluncur mulus di sebelah kiri gawang Persipura.

Bola sepakan Pahabol tersebut gagal dijangkau oleh kiper PSM Makasar, Hilam Syah. Gol ini menjadi gol terakhir yang tercipta pada babak pertama dalam laga yang dihelat di Stadion Sultan Agung, Bantul, tersebut.

Pada babak kedua, pertandingan berjalan dengan terbuka. Kedua tim masih berusaha mencari celah untuk bisa menambah torehan gol.

Pada menit ke-67, PSM memberikan ancaman ke gawang Persipura lewat sundulan Yance Sayuri. Namun, bola hasil sundulan Yance belum tepat mengarah ke bidang sasaran.

Dari segi penguasaan bola, Persipura mampu sedikit unggul dibanding PSM dengan mencatatkan 53 persen. Namun, dari segi ancaman di depan mulut gawang, Juku Eja tidak kalah dengan tim Mutiara Hitam.

Bahkan, PSM mampu mengimbangi Persipura dalam hal jumlah tembakan tepat ke arah gawang, yaitu empat kali. Kendati begitu, pada sepanjang babak kedua, tidak ada satu pun gol yang tercipta.

Baca Juga: Kekalahan Keempat Beruntun Persela, Posisi Pelatih Iwan Terancam?

Kedua tim akhirnya harus puas berbagi poin usai bermain imbang, 1-1. Dengan hasil ini, PSM memperpanjang rekor kurang memuaskan dengan kegagalan memetik kemenangan di empat laga terakhir.

Sementara buat Persipura, tim besutan Alfredo Vera itu gagal bertahan di trek kemenangan. Di laga sebelumnya, tim Mutiara Hitak sukses memetik kemenangan, 2-1, atas Persikabo, awal pekan ini. Padahal, itu menjadi kemenangan pertama Persipura setelah menelan kekalahan beruntun di empat laga sebelumnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini