Analisis Pengamat Soal Kemungkinan Posisi Hadi Tjahjanto Jika Masuk Kabinet: Apakah Dia Didukung...

Analisis Pengamat Soal Kemungkinan Posisi Hadi Tjahjanto Jika Masuk Kabinet: Apakah Dia Didukung... Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal menjadi menteri baru di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Hal itu pun mendapat respons dari banyak pihak, salah satunya pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi.

"Persoalannya apakah Hadi Tjahjanto didukung oleh partai koalisi (pemerintah, red) atau tidak, ini masalahnya," ujar Asrinaldi kepada GenPI.co, Rabu (24/11).

Baca Juga: Isu Reshuffle Ramai, Mantan Pangilma TNI Hadi Tjahjanto Bakal Gabung Menteri Jokowi Bila...

Asrinaldi mengatakan, jika Hadi Tjahjanto didukung parpol, tentu tidak akan menjadi masalah.

Selain itu, kata Asrinaldi, masuknya Hadi Tjahjanto jelas akan mengurangi komposisi parpol di kabinet.

Asrinaldi kemudian membeberkan posisi strategis yang bisa dijabat Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Saya pikir menteri pertahanan atau menteri dalam negeri, karena beliau memiliki kapasitas di bidang itu," kata Asrinaldi.

Di lain kesempatan, pakar komunikasi dan politik Emrus Sihombing meyakini Hadi Tjahjanto bakal menjadi Menteri di Kabinet Presiden Jokowi.

Emrus, sapaan akrabnya menilai Marsekal Hadi Tjahjanto layak menjadi Menteri Perhubungan menggantikan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Unggah Foto Bertemu Jokowi, Yusril Ihza Didoakan Menggantikan Menteri Ini

"Selain di kementerian perhubungan, bisa saja dia di posisikan di Istana Negara yang setingkat dengan jabatan menteri," ujar Emrus.

Emrus menegaskan bahwa Hadi Tjahjanto layak menjadi menteri karena mempunyai kinerja yang sangat bagus saat menjabat sebagai Panglima TNI. (*)

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini