Pejabat China Gak Segan-segan Hukum Banyak Separatis Kemerdekaan Taiwan, Jika Melanggar...

Pejabat China Gak Segan-segan Hukum Banyak Separatis Kemerdekaan Taiwan, Jika Melanggar... Kredit Foto: Reuters/Dado Ruvic

Kantor Urusan Taiwan dari Dewan Negara mengatakan lebih banyak separatis "kemerdekaan Taiwan" akan ditambahkan ke daftar hitam dan dihukum. Tidak ada toleransi, katanya, untuk tindakan yang secara terang-terangan menantang kedaulatan dan integritas teritorial China.

Ini terjadi setelah tiga pejabat Taiwan disebutkan awal bulan ini dalam daftar hitam: Su Tseng-chang, kepala badan eksekutif Taiwan; Yu Shyi-kun, yang mengawasi "legislatif" lokal di Taiwan; dan Joseph Wu Jau-shieh, pemimpin urusan luar pulau itu.

Baca Juga: Kekhawatiran Perang China-Taiwan Meletus Saat Xi Jinping Berupaya Memicu...

Hukuman mereka termasuk larangan perjalanan daratan dan pembatasan perusahaan terkait dengan mereka yang memiliki bisnis di daratan.

"Kami juga memperhatikan bahwa beberapa separatis Taiwan sangat aktif baru-baru ini dan mereka bahkan mengatakan bahwa mereka merasa menyesal tidak dimasukkan dalam daftar. Tapi jangan khawatir, mereka akan punya waktu untuk menyesali tindakan mereka," kata Zhu Fenglian, juru bicara Kantor Urusan Taiwan dari Dewan Negara, selama pengarahan rutin pada Rabu (24/11/2021).

"Perlunya persatuan nasional dan tindakan keras terhadap pasukan separatis Taiwan ditentukan oleh tren yang berkembang dari hubungan lintas selat ... dan itu adalah tren sejarah yang tidak dapat diubah," tambah Zhu, dikutip laman CGTN, Kamis (25/11/2021).

Ketika ditanya tentang penyelidikan dugaan perilaku ilegal pabrik serat kimia, tekstil dan semen milik Grup Timur Jauh Taiwan, dia merilis rinciannya, mengatakan mereka didenda sekitar 474 juta yuan ($74 juta) karena melanggar undang-undang dan peraturan di berbagai bidang seperti perlindungan lingkungan, penggunaan lahan, kesehatan kerja karyawan, perpajakan dan kualitas produk.

"Perilaku melanggar hukum dari perusahaan yang terlibat dan hukuman yang dijatuhkan sejauh ini telah dipublikasikan di situs web departemen penegak hukum terkait berdasarkan prosedur hukum. Semua orang dapat menemukan dan membacanya," katanya.

Juru bicara itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa daratan China mendorong hubungan bisnis normal di Selat Taiwan dan melindungi hak-hak sah perusahaan Taiwan, seperti 22 langkah bagi rekan senegaranya Taiwan yang mengoperasikan bisnis pertanian dan kehutanan di seberang Selat.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini