Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Jagokan PLTS Guna Capai Target 23% EBT pada 2025

Pemerintah Jagokan PLTS Guna Capai Target 23% EBT pada 2025 Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah disebut akan meningkatkan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai strategi terbaru untuk mencapai target bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana.

Baca Juga: Sampoerna Kayoe Resmikan PLTS Berkapasitas 1,7 MWp

"PLTS akan menjadi porsi besar. Mudah-mudahan porsi EBT 23% di 2025 bisa dicapai," katanya dalam Diskusi Publik Indef dan Greenpeace yang digelar secara virtual, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, PLTS lebih efisien dibanding Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP). Pasalnya, PLTA maupun PLTP membutuhkan waktu pembangunan kurang lebih sekitar enam sampai tujuh tahun.

"Sementara 2025 tinggal kurang lebih lima tahun. Itu tidak mungkin," imbuhnya.

Sedangkan pembangunan PLTS disebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga tahun. Oleh karena itu, PLTS dinilai lebih memungkinkan untuk membantu Indonesia mencapai target EBT 23% pada 2025.

"Maka, kita request dengan PLTS yang bisa skala besar dan juga pembangunannya bisa dilakukan dengan cepat dalam waktu tiga tahun," tuturnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel:

Video Pilihan