Cikarang Listrindo Raih Kategori Gold di Ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2021

Cikarang Listrindo Raih Kategori Gold di Ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2021 Kredit Foto: Cikarang Listrindo

PT Cikarang Listrindo Tbk (IDX: POWR) meraih emas dalam keikutsertaannya dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). ASRRAT merupakan kegiatan penganugerahan penghargaan kepada institusi yang berhasil mengkomunikasikan kinerja keberlanjutannya kepada pemangku kepentingan melalui laporan keberlanjutan (Sustainability Report) dengan baik.

Acara penilaian yang diinisiasi oleh NCSR tahun 2021 ini merupakan penilaian yang telah dijalankan sejak tahun 2005, sebelumnya acara penilaian ini dinamakan Sustainability Reporting Awards (SRA). NCSR merupakan sebuah organisasi independen pertama sejak tahun 2005 yang mengembangkan pelaporan keberlanjutan di Indonesia.

Baca Juga: MS Glow Aesthetic Clinic Raih Penghargaan Nasional Top Social Media Award 2021

NCSR juga telahd itunjuk oleh Global Reporting Initiative (GRI) sebagai Official Partner untuk Asia Tenggara yang meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina. Dalam proses penilaiannya, setidaknya terdapat tiga aspek penilaian terhadap institusi yaitu aspek triple bottom line (ekonomi, sosial, dan lingkungan) perusahaan; dampak lingkungan dan sosial dari aktivitas perusahaan; serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) daripada perusahaan. Penilaian dilakukan oleh Juri dan Asesor dari kalangan akademisi Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS) Indonesia yang berpengalaman.

Dalam ajang ASRRAT 2021 ini, PT Cikarang Listrindo Tbk berhasil meraih kategori gold atas penilaian Sustainability Reporting tahun buku 2020 serta memperoleh pengakuan dan penghargaan komitmen perusahaan dalam pelaporan keberlanjutan dalam tahun pertama partisipasinya sebagai “A Commendation for first year ASSRAT”.

Apresiasi ini menunjukkan bahwa komitmen Cikarang Listrindo dalam menjalankan usahanya selama ini, tidak hanya berfokus untuk tujuan profit saja tetapi juga mementingkan aspek lingkungan dan sosial serta berpedoman pada pencapaian SDG.

“ASRRAT 2021 ini merupakan ASSRAT pertama yang diikuti oleh Perseroan dan pencapaian kategori Gold ini sangatlah membanggakan untuk kami. Tentunya ini akan menjadi penyemangat untuk kami semakin meningkatkan kualitas pelaporan laporan keberlanjutan dan juga inisiatif ESG kami ke depannya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada NCSR untuk kontribusinya terhadap Indonesia yang lebih sustainable melalui pengadaan acara ASRRAT ini setiap tahunnya. Bersama-sama kita dapat membangun Indonesia yang makin sustainable dan resilience ke depannya” ucap Sekretaris Perusahaan Perseroan.

Sekilas mengenai Cikarang Listrindo Cikarang Listrindo merupakan perusahaan listrik swasta pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2016. Perseroan juga merupakan perusahaan listrik swasta terlama di Indonesia yang mulai melayani pelanggan sejak tahun 1993 dan sekarang melayani lebih dari 2.500 pelanggan industri di lima kawasan industri di daerah Cikarang dan juga memasok listrik kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak 1996.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini