Ukraina Makin Ketar-ketir Lihat Ratusan Ribu Pasukan Rusia Mejeng di Perbatasan

Ukraina Makin Ketar-ketir Lihat Ratusan Ribu Pasukan Rusia Mejeng di Perbatasan Kredit Foto: Antara/REUTERS/Francesco Brembati

Perbatasan Ukraina memanas setelah Rusia menempatkan 100 ribu tentara di perbatasan negara itu.

Keberadaan tentara dalam jumlah besar itu dikatakan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, dilansir dari Reuters.

Baca Juga: Militer Rusia Tebar Kengerian di Perbatasan Ukraina, Awas Ancaman Perang Kian Nyata

"Saya berharap seluruh dunia sekarang dapat melihat dengan jelas siapa yang benar-benar menginginkan perdamaian dan siapa yang memusatkan hampir 100.000 tentara di perbatasan kita," kata Volodymyr.

Pergerakan pasukan tersebut menguatkan kekhawatiran akan munculnya serangan skala besar.

Pada 3 November, Kementerian Pertahanan Ukraina menyebutkan jumlah tentara Rusia di dekat perbatasan Ukraina sebanyak 90 ribu.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin murka mengomentari latihan Laut Hitam baru-baru ini oleh AS dan kapal-kapal NATO lainnya.

“Ini adalah tantangan serius bagi kami,” kata Putin dalam sebuah wawancara dengan penyiaran negara Vesti, Sabtu (14/11/2021).

Putin mengatakan, Amerika Serikat dan sekutunya di NATO sedang melakukan latihan yang tidak direncanakan di Laut Hitam. 

Tidak hanya kelompok angkatan laut yang cukup kuat yang terlibat dalam latihan ini, tetapi juga penerbangan, termasuk penerbangan strategis. 

Komentar Putin muncul setelah Washington pekan ini meningkatkan kewaspadaan atas aktivitas militer Rusia di dekat perbatasan Ukraina.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini