Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Konsisten Jaga Lingkungan di Sekitar Kawasan, Jababeka Berikan Edukasi

Konsisten Jaga Lingkungan di Sekitar Kawasan, Jababeka Berikan Edukasi Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada anak-anak sejak dini.Tujuan ini yang mendorong PT Jababeka Tbk bersama Bank Sampah Anak (BSA) Kenanga mengadakan program edukasi lingkungan untuk turut serta mengelola sampah di rumah.

Tujuannya, untuk memotivasi dan menumbuhkan rasa tanggung jawab serta kepedulian terhadap sampah yang mereka hasilkan dalam kehidupan sehari-hari Adapun sebanyak 15 anak perwakilan anggota BSA Kenanga mengikuti edukasi lingkungan ini selama dua hari.

Mereka mulai dari kelas 3 hingga 6 SD sangat antusias menjalankan program yang dibuat oleh Jababeka bersama BSA Kenanga seusai pulang sekolah. Pada hari pertama diadakan kegiatan pemutaran video tentang sampah plastik dan pembuatan ecobrick menggunakan botol dan kantong plastik bekas yang kemudian dirangkai menjadi bangku dan meja.

Pada hari kedua, anak-anak melukis tong sampah dengan tema lingkungan yang kemudian dilanjutkan dengan aksi pungut sampah di sekitar BSA Kenanga. Di mana sampah plastik yang mereka kumpulkan kemudian ditimbang dan dicatat ke dalam buku tabungan sampah mereka.

Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk Tjahjadi Rahardja menekankan bahwa kegiatan edukasi lingkungan merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan yang amat menaruh perhatian terhadap kelestarian alam dan lingkungan.

Hal itu bisa terlihat dalam salah satu pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang fokus pada isu lingkungan, yaitu Jabat Lingkungan.

Goal-nya adalah Jababeka terlibat secara intens hingga mampu memberi dampak langsung, dan bisa terbangun lingkungan kawasan dan sekitaryang bersih, sehat dan berkelanjutan,”Ucap Tjahjadi.

Sebelumnya belum lama ini Jababeka juga telah memberikan bantuan penghijauan kepada umat Hindu di Kabupaten Bekasi yang tergabung dalam Banjar Suka Duka Hindu Dharma. Kemudian, penanaman pohon-pohon trembesi di sekitar kawasan industri jababeka dan melakukan penanaman tanaman melalui vetiver system di bantaran Sungai Kali Ulu, demi bisa mencegah bencana banjir, memproteksi infrastruktur, dan mitigasi erosi.

“Sementara untuk kegiatan edukasi lingkungan bersama Bank Sampah Anak Kenanga, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa, maka kami ingin membantu kebiasaan baik dalam menjaga lingkungan sejak kecil. Sehingga, harapannya, saat mereka tumbuh menjadi remaja hingga dewasa, kebiasaan baik mereka dapat terus jalani, bahkan bisa menular ke banyak orang,” tambahnya.

Karlina Ropi selaku Ketua PKK Kecamatan Cikarang Timur menambahkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat di mana memberikan kegiatan positif untuk mengisi waktu luang anak-anak pasca pulang sekolah.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan