Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berikut 5 Tahap Pertumbuhan Kanker Payudara dan Peluang Hidup Penderitanya, Stadium Pertama...

Berikut 5 Tahap Pertumbuhan Kanker Payudara dan Peluang Hidup Penderitanya, Stadium Pertama... Kredit Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kanker payudara masih jadi ancaman terbesar perempuan. Mirisnya, mayoritas pasien kanker payudara didiagnosis saat sudah memasuki stadium akhir yang membuat peluang kesembuhan menjadi sangat kecil.

Perlu diketahui, kanker payudara memiliki lima stadium yakni stadium 0, stadium 1, stadium 2, stadium 3, dan stadium 4 atau stadium akhir. Semakin kecil stadium kanker payudara maka semakin tinggi pula peluang kesembuhan, bahkan hingga 100 persen.

Baca Juga: Bukan Main... Survey Menunjukkan Covid-19 Tak Buat Orang Indonesia Berhenti Merokok

Jadi perlu diketahui perbedaan setiap stadium kanker payudara, sebagaimana mengutip Insider, Selasa (9/11/2021) sebagai berikut:

1. Kanker payudara stadium 0

Stadium 0 kanker payudara adalah tahap paling awal kanker payudara, sering juga disebut dengan ductal carcinoma in situ (DCIS).

Stadium ini mengacu pada kanker yang ada di saluran susu tetapi belum menyebar ke luar saluran atau lobulus, ke jaringan di sekitar payudara.

Stadium ini seumpama bintik kecil kanker yang belum terbentuk menjadi tumor. Pada tahap ini biasanya belum ada gejala, atau belum merasakan dan melihat benjolan di payudara.

Baca Juga: Catat! Ini Saran Dokter untuk Mengatasi Diabetes dan Depresi yang Saling Berkaitan

Pada tingkat ini jika sel kanker ditemukan dan dihilangkan, maka peluang hidup alias selamat dari kanker payudara adalah 100 persen.

2. Kanker payudara stadium 1

Pada tahap ini, sel kanker payudara sudah menyebar ke jaringan di sekitar payudara, tapi masih di area kecil. Stadium 1 dibagi menjadi stadium 1A dan 1B.

Stadium 1A berarti tumor berukuran 20 milimeter (mm), dan kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Sedangkan 1B tidak ada tumor, atau ukuran tumor kurang dari 20 mm di payudara, tapi sel kanker berada di kelenjar getah bening.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan