Kisah Orang Terkaya: George Roberts, Pemodal Terkemuka di AS yang Kelola Aset Rp3.484 Triliun

Kisah Orang Terkaya: George Roberts, Pemodal Terkemuka di AS yang Kelola Aset Rp3.484 Triliun Kredit Foto: REUTERS/Benoit Tessier

Pemodal Amerika, George Roberts adalah salah satu orang terkaya di dunia. Ia adalah salah satu pendiri Kohlberg Kravis Roberts, bersama Jerome Kohlberg dan sepupunya Henry Kravis pada tahun 1976.

George Roberts lahir dalam keluarga Yahudi di Houston, Texas. Ia lulus dari Akademi Militer Culver pada tahun 1962 dan menerima Penghargaan "Man of the Year" dari lembaga tersebut pada tahun 1998. Ia berkuliah di Claremont McKenna College, lulus pada 1966, serta Hastings College of the Law di University of California, lulus pada 1969.

Pada usia 29 tahun di akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an, Roberts bekerja untuk Bear Stearns. Saat di Bear Stearns, Roberts bersama Kohlberg dan Kravis, memulai serangkaian investasi "bootstrap".

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: John Grayken, Miliarder Investor yang Lepas Kewarganegaraan Amerika

Adapun akuisisi mereka atas Orkin Exterminating Company pada tahun 1964 adalah salah satu transaksi pembelian dengan leverage pertama yang signifikan. Pada tahun-tahun berikutnya, tiga bankir Bear Stearns menyelesaikan serangkaian pembelian termasuk Stern Metals (1965), Incom (divisi dari Rockwood International pada tahun 1971), Cobblers Industries (1971), dan Boren Clay (1973) serta Thompson Wire, Eagle Motors and Barrows melalui investasi mereka di Stern Metals.

Meski memiliki sejumlah investasi yang sangat sukses, investasi USD27 juta (Rp385 milir) di Cobblers berakhir dengan kebangkrutan.

Pada tahun 1976, Bear Stearns dan trio Kohlberg, Kravis dan Roberts bersitegang yang mengarah pada kepergian mereka dan pembentukan Kohlberg Kravis Roberts di tahun itu. Terutama, eksekutif Bear Stearns Cy Lewis menolak proposal berulang untuk membentuk dana investasi khusus dalam Bear Stearns.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini