BMKG Ingatkan Warga, Ramalan Desember 2021 hingga Februari 2022 Terjadi Puncak...

BMKG Ingatkan Warga, Ramalan Desember 2021 hingga Februari 2022 Terjadi Puncak... Kredit Foto: Viva

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan curah hujan di bulan November dan Desember akan jauh lebih meningkat dibanding bulan sebelumnya. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada akan ancaman banjir dan bencana lainnya.

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, trend curah hujan lebih meningkat sejak bulan Oktober di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Kabar Buruk Ramalan Badan Meteorologi Dunia, Penduduk Bumi Benar-benar ... Sudah Terlambat!

"Di November sejumlah wilayah juga sudah memasuki musimnya [penghujan], sementara wilayah lain transisi musim atau pancaroba. Wilayah yang sudah memasuki musim itu sekitar 20 sampai 30 persen," kata Hary, Sabtu 6 November 2021.

Karena itu, Hary meminta semua pihak untuk mewaspadai ancaman bencana yang ditimbulkan dari curah hujan yang meningkat di berbagai wilayah. 

“Bulan Desember adalah salah satu puncak musim, lebih banyaknya di Januari dan Februari. Langkah yang dibuat BMKG adalah membuat prediksi cuaca," tandasnya.

 

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini