Dahsyat! Ini Manfaat Kesehatan yang Terkandung dalam Biji Nangka

Dahsyat! Ini Manfaat Kesehatan yang Terkandung dalam Biji Nangka Kredit Foto: GenPI

Belum banyak yang tahu, bila biji nangka ternyata menyimpan kandungan gizi yang luar biasa bagi kesehatan.

Seratus gram buah nangka mengandung 157 kalori, 2,8 gram protein, 38 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, serta 1 gram lemak.

Baca Juga: Apakah Konsumsi Jagung Aman dan Hadirkan Manfaat Kesehatan untuk Penderita Diabetes?

Tapi, tahukah kamu? Beberapa nutrisi pada biji nangka justru lebih banyak dibandingkan daging buahnya.

Biji nangka bahkan juga diketahui memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri bagi tubuh.

Berikut GenPI.co akan mengulas manfaat biji nangka bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Memiliki Efek Antimikroba

Dalam pengobatan tradisional, biji nangka kadang-kadang digunakan untuk meredakan diare.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa biji nangka mungkin memiliki efek antibakteri.

Satu studi menemukan bahwa permukaan biji nangka ditutupi dengan partikel-partikel kecil yang bertindak sebagai agen antibakteri.

2. Membantu Pencernaan

Sama seperti kebanyakan jenis biji lainnya, biji nangka mengandung serat larut dan tidak larut.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Penderita Diabetes Lebih Baik Tidak Mengemudikan Kendaraan, Ternyata…

Serat tercerna dan membantu menormalkan gerakan usus dengan menambahkan kotoran ke feses Anda, membuatnya lebih lembut dan meningkatkan frekuensi.

Sejumlah penelitian juga telah menemukan bahwa meningkatkan asupan serat dapat membantu meringankan sembelit.

Tak hanya itu saja, serat dapat membantu melindungi ancaman penyakit radang usus dan meringankan gejala wasir.

3. Mengurangi Kadar Kolesterol

Penelitian menunjukkan, bahwa biji nangka dapat menurunkan kadar kolesterol Anda.

Efek ini kemungkinan besar disebabkan kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi.

Peningkatan kadar kolesterol LDL (buruk) dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Sebaliknya, kadar HDL (baik) kolesterol yang lebih tinggi diketahui memiliki efek perlindungan jantung.

Baca Juga: Penderita Diabetes Harus Mulai Stop Makan Gorengan dan Ganti Kismis, Manfaatnya Dahsyat!

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak biji nangka telah menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), dibandingkan dengan tikus yang makan lebih sedikit biji nangka. (hellosehat)

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini