Satgas Ingatkan Pandemi Belum Usai: Penularan di Tingkat Komunitas Masih Ada

Satgas Ingatkan Pandemi Belum Usai: Penularan di Tingkat Komunitas Masih Ada Kredit Foto: Antara/Reno Esnir

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting mengimbau masyarakat untuk tidak euforia kendati kondisi pandemi di Indonesia mulai terkendali. Pasalnya, penularan virus di tingkat komunitas masih terjadi.

"Meskipun rendah, tapi harus ada atensi secara keseluruhan untuk menjaga pandemi ini tetap terkendali dan terkontrol," kata Alexander dalam dialog virtual KPCPEN, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Satgas Yakin Upaya Berlapis Penanganan Covid-19 Jadi Faktor RI Diakui Dunia

Terlebih, telah diterapkan relaksasi aktivitas masyarakat belakangan ini. Kebijakan yang ditujukan untuk pemulihan ekonomi ini berpotensi meningkatkan kembali mobilitas masyarakat. Sementara, mobilitas masyarakat merupakan salah satu komponen penentu laju penularan virus Covid-19.

Oleh karena itu, Alexander menegaskan masyarakat tak boleh melonggarkan disiplin protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari, terutama dalam moda transportasi.

Di sisi lain, cakupan vaksinasi virus Covid-19 pada kelompok rentan terbilang masih rendah. Sementara itu, virus masih memiliki kemampuan bertransmisi melahirkan varian baru yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya lonjakan kasus, sebagaimana yang terjadi di Indonesia pada Juli lalu akibat varian Delta.

"Jangan euforia menaklukkan kewaspadaan kita. Kita harus waspada lebih tinggi, patuh lebih tinggi, dan mengalahkan euforia tersebut," tandasnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini