Salut! Jeff Bezos Umumkan Dana Rp28 T untuk Atasi Perubahan Iklim

Salut! Jeff Bezos Umumkan Dana Rp28 T untuk Atasi Perubahan Iklim Kredit Foto: Instagram/Jeff Bezos

Pada hari Selasa, hari ketiga konferensi iklim PBB, suara helikopter mendarat dan lepas landas. Ternyata miliarder Jeff Bezos bergabung ke dalam konferensi tersebut.

Bezos mengunjungi Glasgow untuk membuka sesi tentang hutan dan penggunaan lahan. Pada hari yang sama ia memberikan pengumuman janji deforestasi senilai USD19,2 miliar (Rp274 triliun). Ia juga mengumumkan janjinya senilai USD2 miliar (Rp28,6 triliun) untuk mengatasi perubahan iklim, bagian dari Bezos Earth Fund miliknya mengikuti janji USD1 miliar awal bulan ini (Rp14,3 triliun).

"Alam memberi kita kehidupan," katanya dalam sebuah pidato. “Itu [alam] indah, tetapi juga rapuh. Saya teringat akan hal ini pada bulan Juli ketika saya pergi ke luar angkasa dengan Blue Origin.”

Baca Juga: Pesta Mewah Bill Gates yang Undang Jeff Bezos Dikritik, Sampai Dibilang Munafik! Lho, Ada Apa?

Melansir Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (3/11/21) Bezos mengaku tidak siap untuk seberapa besar perjalanan itu akan mengubah cara dia memandang dunia.

Pendiri Amazon ini juga mengatakan bahwa dia menyumbangkan USD500 juta (Rp7,1 triliun) untuk dana bersama yang didukung oleh yayasan Ikea dan Rockefeller, yang diumumkan pada hari Selasa di COP26. Dana melalui Aliansi Energi Global untuk Manusia dan Planet akan menggunakan total USD10 miliar (Rp143 triliun) untuk melakukan investasi dalam proyek energi terbarukan.

Terlepas dari janji tersebut, penampilan Bezos menarik banyak pihak. Kritik terhadap acara COP26 sering kali terfokus pada bagaimana peserta datang atau tidak hadir di acara tersebut.

Tetapi fakta bahwa Bezos berfokus pada perjalanan ke luar angkasa tidak luput dari perhatian. Bezos dilaporkan telah menginvestasikan sekitar USD1 miliar (Rp14,3 triliun) per tahun di Blue Origin, menurut Wall Street Journal.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini