Bos CIA Terbang ke Moskow, Dilaporkan Temui Dewan Keamanan Rusia

Bos CIA Terbang ke Moskow, Dilaporkan Temui Dewan Keamanan Rusia Kredit Foto: AFP

Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA), William Burns pada hari selasa (2/11/2021) terbang ke Mokcow, Rusia. Dia dilaporkan bertemu dengan kepala Dewan Keamanan Rusia.

“Burns dan Sekretaris Dewan Keamanan Nikolai Patrushev membahas hubungan Rusia-Amerika", kata rilis dewan itu dalam sebuah pernyataan singkat.

Baca Juga: Bekas Wakil Direktur CIA Lihat Permainan China atas Taiwan Mungkin Menyerupai Taktik Perang Hibrida

Kunjungan Burns ke Moskow sebelumnya tidak diumumkan dan Dewan Keamanan tidak merilis rincian lebih lanjut.

Tidak ada komentar langsung dari kedutaan AS di Moskow atau pejabat di Washington.

Pertemuan itu terjadi saat hubungan Rusia dengan Barat pada tingkat terendah dalam beberapa tahun yang  tegang oleh berbagai ketidaksepakatan.

Negara-negara Barat telah memberlakukan serangkaian sanksi terhadap Rusia atas pencaplokan Krimea pada 2014.

Sanksi juga diberikan terkait dugaan campur tangan Rusia di pemilu AS, serangan siber, dan peracunan kritikus Kremlin Alexei Navalny.

Meski demikian  para pejabat AS mengatakan mereka mencari kerja sama dengan Moskow pada isu-isu tertentu.

Beberapa di antaranya adalah pengurangan senjata strategis, pembicaraan nuklir Iran dan menindak ransomware dan serangan siber lainnya.

Presiden AS Joe Biden dan mitra Rusia Vladimir Putin bertemu untuk pertemuan puncak pertama mereka pada bulan Juni dan sepakat untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka.

Para diplomat Rusia dan AS sejak itu mengadakan pembicaraan tertutup di Jenewa tentang pengendalian senjata dan Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik Victoria Nuland berada di Moskow untuk pembicaraan bulan lalu.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini