Survei: Duh... Stres Pandemi Picu Milenial Sulit Ambil Keputusan

Survei: Duh... Stres Pandemi Picu Milenial Sulit Ambil Keputusan Kredit Foto: Unsplash/Anthony Tran

Stres yang dipicu oleh pandemi Covid-19 turut berdampak pada kemampuan para milenial dalam membuat keputusan. Stres ini membuat hampir 50 persen milenial mengalami kesulitan untuk membuat keputusan.

Sebagai perbandingan, hanya sekitar 37 persen dari generasi Z yang mengalami kesulitan untuk membuat keputusan akibat stres pandemi. Kesulitan serupa dihadapi oleh 32 persen generasi X, 14 persen kelompok boomer, dan 3 persen kelompok usia yang lebih tua.

Baca Juga: Waduh… Nggak Nyangka Banget! Merokok Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes, Kok Bisa?

Data ini diperolah melalui sebuah survei daring August/COVID Resilience Survey yang dilakukan oleh The Harris Poll. Ada lebih dari 3.000 orang dewasa yang menjadi responden dalam survei ini.

Berdasarkan survei ini, hampir sepertiga responden mengatakan mereka terkadang merasa stres akibat pandemi. Stres ini membuat mereka keslitan untuk membuat keputusan-keputusan dasar. Selain itu, lebih dari sepertiga responden juga mengaku merasa lebih tertekan untuk membuat keputusan sehari-hari dan keputusan besar dalam hidup mereka dibandingkan sebelum pandemi.

Kelompok dewasa muda cenderung lebih rentan untuk mengalami stres saat ini dibandingkan sebelum pandemi. Lebih dari 60 persen juga setuju bahwa pandemi membuat mereka berpikir ulang mengenai bagaimana cara mereka menjalani hidup.

Sebanyak 63 persen responden merasa ketidakpastian masa depan membuat mereka stres. Sekitar 50 persen mengatakan pandemi membuat mereka merasa mustahil untuk membuat perencanaan masa depan.

Baca Juga: Catat! Ini Tips Ampuh Mencegah dan Mengatasi ‘Duet’ Diabetes dan Asam Urat

Generasi Z dewasa, milenial, dan generasi X tampak memiliki tingkat stres yang lebih tinggi terkait pandemi dalam satu bulan terakhir dibandingkan boomer dan kelompok yang lebih tua. Selain itu, sekitar setengah generasi Z dewasa dan milenial mengakui bahwa mereka tidak tahu bagaimana cara mengelola stres yang mereka rasakan akibat pandemi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini