Momen Langka, Antrean Panjang Pemimpin Dunia Bertemu Jokowi di KTT G20

Momen Langka, Antrean Panjang Pemimpin Dunia Bertemu Jokowi di KTT G20 Kredit Foto: Reuters/Erin Schaff

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Roma, Italia, berakhir, kemarin. Selama perayaan berlangsung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi salah satu bintangnya. Selain resmi memegang tongkat Presidensi G20 untuk 1 tahun ke depan, Jokowi juga jadi daya tarik pemimpin negara lain. Para pemimpin dunia antre ketemu Jokowi.

Selama dua hari berlangsung, gelaran pertemuan pemimpin negara kelompok G20 ini berlangsung resmi dan formal. Setiap pertemuan disusun serba protokoler. Pemimpin negara A duduk di sebelah sini, sementara pemimpin negara B di sebelah sana. Pemimpin negara C bicara soal ini, dan yang lain bicara soal itu.

Baca Juga: Soal Perubahan Iklim, Jokowi Ingin G20 Jadi Contoh dengan Tindakan Nyata

Semua teratur dan tertata. Protokoler ini sangat terasa saat para pemimpin negara datang ke tempat acara. Kedatangan mereka diatur sedemikian rupa selain agar tidak berbarengan, juga menunjukkan posisi negara tersebut.

Selama perayaan berlangsung, Jokowi selalu ditempatkan dalam posisi spesial. Dalam sesi foto misalnya, Jokowi berdiri paling depan dan paling tengah, mendampingi PM Italia Mario Draghi, selaku tuan rumah. Penempatan itu tak lepas dengan posisi Indonesia yang akan menjadi pemimpin G20 tahun depan.

Di sela agenda inti yang serba formal itu, para pemimpin negara memanfaatkan waktu kosong dengan melakukan pertemuan bilateral. Selama dua hari, Jokowi setidaknya melakukan 6 kali pertemuan bilateral. Yakni, pertemuan dengan Presiden Australia, Presiden Turki, Presiden Prancis, PM India dan Bos IMF. Pertemuan bilateral ini digelar sama formalnya.

Tak semua acara dibikin formal. Ada juga yang semi formal, seperti saat pertunjukan seni dan budaya pada malam hari pertama. Untunglah, di sela-sela agenda rapat yang padat yang serba formal itu ada jeda antar sesi yang dimanfaatkan para pemimpin negara untuk ber-say hallo, sekadar menanyakan kabar atau ngobrol topik-topik ringan.

Presiden Jokowi juga terlihat memanfaatkan jeda antar sesi ini untuk mengobrol dengan PM Inggris Boris Johnson, Ratu Belanda Maxima, PM Australia Scott Morrison, PM Italia Mario Draghi, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Mereka ngerumpi sebelum menikmati pertunjukan seni budaya yang digelar di Terme, Diocleziano, gedung kuno yang dibangun pada abad ketiga itu.

Dalam foto yang diunggah Jokowi di Instagram miliknya, para pemimpin negara ini tampak asyik dan akrab saat mengobrol. Morrison dan Johnson bahkan tampak tertawa dalam rumpian itu.

Keunikan lain tertangkap saat PM Johnson mencari-cari Jokowi sebelum rapat dan Ratu Maxima membuka masker untuk menarik perhatian Jokowi. Kedua momen tersebut antara lain tertangkap lewat kamera milik Rick Evers yang diunggah di akun YouTube Royal TV. Evers adalah jurnalis yang kerjanya merekam berbagai kegiatan keluarga kerajaan Belanda terkhusus Ratu Maxima.

Momen unik itu terjadi di awal pembukaan KTT G20, tepatnya saat sesi yang membahas soal ekonomi dan kesehatan Global, di Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini