Kepala BNPT Sebut Expo 2020 Dubai Wujud Kehidupan Harmoni Indonesia dan Uni Emirat Arab

Kepala BNPT Sebut Expo 2020 Dubai Wujud Kehidupan Harmoni Indonesia dan Uni Emirat Arab Kredit Foto: BNPT

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen. Boy Rafli Amar mengunjungi Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (30/10/2021).

Dalam kunjungannya ke Expo 2020 Dubai, Kepala BNPT turut didampingi Deputi Kerjasama Internasional, Andhika Chrisnayudhanto, Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Brigjen. PolĀ  Ibnu Suhaendra, serta beberapa pejabat terkait.

Baca Juga: Tanggapi Ciutan Fadli Zon, Kepala BNPT Tegaskan Densus 88 Penting Buat Indonesia

Dalam kunjungannya tersebut, jenderal polisi bintang tiga ini merasa kagum dengan Paviliun Indonesia dan juga UEA. Menurutnya, kedua negara memiliki persamaan dalam memegang teguh prinsip kehidupan yang harmoni dalam menjaga persatuan di tengah keberagaman.

"Lebih dari 150 multinasional warga negaranya yang berdomisili di Uni Emirat Arab ini. Mereka hidup berdampingan secara damai tanpa melihat perbedaan apapun, mereka menyadari bahwa persatuan adalah kekuatan utama dalam mewujudkan kehidupan yang harmoni. Tentunya, kita dapat banyak mengambil pelajaran," jelas Boy Rafli dalam keterangan resminya, Minggu (30/11/2021).

Kepala BNPT juga menyebutkan bahwa hubungan Indonesia-UEA selama ini berjalan dengan baik di berbagai sektor, termasuk dalam penanggulangan terorisme, terutama pada program pencegahan hingga deradikalisasi di mana pihak Uni Emirat Arab sangat mendukung upaya pencegahan aksi terorisme di Indonesia.

"BNPT bersama dengan National International Service dan Departemen Security Service di UEA ini memiliki program-program kontra radikalisasi dan deradikalisasi, mereka juga memiliki foundation-foundation yang men-support kegiatan deradikalisasi," ungkapnya.

Saat berada di Paviliun Indonesia, Kepala BNPT ke-5 ini menunjukkan kekaguman dan kebanggaan akan gambaran dan informasi yang menyajikan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

"Kita ikut bangga, disajikan luar biasa berbagai informasi berkaitan dengan visi indonesia di 2024, informasi tentang pembangunan, destinasi wisata, budaya, kekayaan alam disajikan dengan baik di dukung dengan sarana dan prasarana yang juga baik," katanya.

Paviliun Indonesia pada perhelatan Expo Dubai 2020 ini terdiri dari tiga lantai yang menghadirkan kekayaan nusantara, sejarah Indonesia, visi di tahun 2024, kuliner Indonesia, hingga produk UMKM yang disajikan dengan baik.

Seperti diwartakan sebelumnya, kegiatan Expo 2020 Dubai telah dibuka pada 30 September 2021 yang lalu dengan terdapat 192 negara yang mengikutinya. Expo ini secara resmi akan berlangsung dari 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Indonesia turut berpartisipasi dengan konsep Unity in Diversity yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini