Bukan Nakut-nakutin, Waspada Ramalan BMKG: Curah Hujan Naik Sampai...

Bukan Nakut-nakutin, Waspada Ramalan BMKG: Curah Hujan Naik Sampai... Kredit Foto: Antara/Nova Wahyudi

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat Indonesia mewaspadai meningkatnya curah hujan pada akhir tahun dan awal tahun depan.

Sebab, peningkatan curah hujan itu bisa mencapai 70 bahkan lebih dari 100 persen. Peningkatan curah hujan disebabkan badai La Nina akibat naiknya permukaan suhu air laut sehingga mempercepat terbentuknya awan hujan. 

Baca Juga: Duh! Kepala BMKG Beber Ramalan Bencana Alam dari dalam Tanah, Bukan Nakutin...

"Di bulan Januari 2022 diperdikasi curah hujan akan meningkat di sebagian besar wilayah Indonesia. Peningkatan curah hujan bulanan yang semakin tinggi, dapat mencapai lebih dari 70 persen bahkan ada yang lebih dari 100 persen. Jadi ini perlu kewaspadaan kita semua di sekitar Januari dan Februari,” ujar Dwikorita dalam keterangannya, Sabtu (30/10/2021). 

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah menyusun rencana sebagai langkah antispasi dan penanganan bencana baik di moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api. 

Menhub mengatakan, secara umum rencana aksi yang disiapkan di masing-masing moda transportasi antara lain, yakni: menyiapkan sarana dan prasarana transportasi untuk pelaksanaan evakuasi jika terjadi peristiwa kecelakaan transportasi, dan dukungan sarana untuk distribusi obat-obatan dan mobilitas tenaga medis untuk menuju ke lokasi bencana.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan, menghadapi adanya pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim, perlu ada upaya bersama untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan.

Sehingga, konsekuensi dan potensi kerusakan yang timbul akibat perubahan iklim dapat diatasi.

“Dengan menerapkan kebijakan yang ketat mengenai perubahan iklim diharapkan pula dapat memperlambat dan menurunkan dan menstabilkan tingkat kandungan Gas Rumah Kaca di atmosfer yang menyebabkan pemanasan global,” ujar Menhub.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini