Dilirik PAN, Begini Nih Keunggulan Erick Thohir sebagai Capres 2024

Dilirik PAN, Begini Nih Keunggulan Erick Thohir sebagai Capres 2024 Kredit Foto: Twitter/Erick Thohir

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menilai, peluang Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk diusung sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 cukup terbuka. Menurutnya, Erick punya keunggulan karena merupakan tokoh nonpartai politik (parpol).

Herry mengamati, kepercayaan publik terhadap tokoh parpol kian terkikis. Apalagi dengan sederet kasus korupsi yang didalangi oleh tokoh parpol. Menurutnya, Erick bisa menangkap peluang dari hal ini.

Baca Juga: JK Bakal Habis-habisan Dukung Sosok Ini di Pilpres 2024, Nama Sandiaga Uno dan Erick Thohir Disebut

"Faktor trust-nya masyarakat sepertinya berkurang ke tokoh parpol, kalau nonparpol pasti dianggap profesional dan tidak langsung dapat diintervensi secara politik," kata Herry kepada Republika.co.id, Rabu (27/10).

Herry memandang, tantangan Erick ialah memperbaiki kinerja BUMN yang dipimpinnya. Bila BUMN di Tanah Air menunjukkan kinerja positif, Erick bisa memperoleh citra positif dan kepercayaan publik. "Terkait kans Erick Thorir saya kira cukup berpeluang jika dia mampu membenahi BUMN yang saat ini sedang carut marut," ujar Herry.

Herry mengingatkan Erick agar menunjukkan kinerja yang mumpuni bila ingin mendapat suara rakyat. "Kritikan publik harus dijawab dengan prestasi bila Erick punya ambisi," lanjut Herry.

Selain itu, Herry menilai, Erick merupakan tokoh yang luwes. Erick dianggap bisa masuk ke berbagai kelompok masyarakat, termasuk kelompok Islam. "Erick dikenal dekat dengan golongan Islam bisa jadi modalnya juga," ucap Herry.

Herry menyimpulkan saat ini realitasnya tokoh nonparpol justru unik dan menarik untuk didukung di Pilpres 2024. Ia merekomendasikan agar Erick menjaga hubungan baik dengan parpol agar bisa diusung di Pilpres nanti.

"Namun, semuanya kan harus mengacu pada syarat untuk dapat diusung ke pilpres, yakni parpol atau gabungan parpol. Artinya, Erick juga harus merawat komunikasinya ke semua entitas politik," tutur Herry.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkapkan terus memantau sejumlah tokoh eksternal untuk diusung sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Salah satu nama yang disebut oleh PAN ialah Menteri BUMN Erick Thohir.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini