Masalah Jet Tempur F-35 akan Menjadi Agenda Utama Erdogan pada Biden

Masalah Jet Tempur F-35 akan Menjadi Agenda Utama Erdogan pada Biden Kredit Foto: US Air Force/Master Sgt. Donald R. Allen

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu mengatakan akan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Glasgow, Skotlandia selama KTT iklim COP26, yang dimulai Minggu ini.

Selama pertemuan tersebut, masalah jet tempur F-35 akan menjadi agenda utama. Demikian disampaikan Erdogan kepada wartawan.

Baca Juga: Amerika Rewel, Erdogan Bilang Turki Bakal Ganti Uang Rp19 Triliun atas Jet F-35

Pada 2019, Washington mengeluarkan Turki dari program jet tempur siluman F-35 karena pembelian sistem S-400 oleh Ankara.

Namun, Turki menekankan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak menimbulkan ancaman bagi aliansi atau persenjataannya. Ankara juga berulang kali mengusulkan pembentukan komisi untuk mengklarifikasi masalah ini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini