Apakah Benar Suntik Insulin Dapat Merusak Ginjal? Ternyata Oh Ternyata…

Apakah Benar Suntik Insulin Dapat Merusak Ginjal? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Insulin sangatlah penting bagi tubuh manusia. Sayangnya pada kondisi diabetes, insulin tidak dapat bekerja lagi sebagaimana mestinya sehingga diperlukan suntikkan insulin untuk mengelola gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Mari Mengenal Koma Diabetes, Kondisi Parah yang Bisa terjadi pada Penderita Diabetes

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah suntikkan insulin ini sepenuhnya aman terutama dalam kaitan efek jangka panjang? Tak jarang penggunaan insulin jangka panjang dikaitkan dengan kerusakan ginjal, Apakah itu benar? Bagaimana penjelasannya?

Efek Samping

Mengutip laman Medical News Today, efek samping yang mungkin dialami seseorang tergantung pada jenis insulin yang mereka pakai.

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu! Apa Benar Diabetes Menyebabkan Menstruasi Tidak Teratur? Ternyata...

Efek samping yang umum termasuk:

  • penambahan berat badan awal saat sel mulai mengambil glukosa
  • gula darah yang turun terlalu rendah, atau hipoglikemia
  • ruam, benjolan, atau bengkak di tempat suntikan
  • kecemasan atau depresi
  • batuk saat mengambil insulin inhalasi

Merusak Ginjal?

Dalam laman clinical.diabetesjournals.org, dijelaskan bahwa glukosa darah tinggi menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, dan masalah lain, seperti kerusakan saraf yang dapat menyebabkan amputasi.

Tetapi kerusakan mata, ginjal, dan saraf dapat ditunda atau dicegah dengan kontrol yang baik. Insulin TIDAK akan memperburuk diabetes Anda, dan ini adalah salah satu perawatan diabetes paling alami yang tersedia.

Sangat penting bagi Anda untuk untuk selalu berkonsultasi pada dokter terkait kondisi diabetes Anda terkait penggunaan insulin sebagai bagian dari perawatan diabetes Anda.

Baca Juga: Catat! Ini Alternatif Pengganti Kentang yang Lebih Ramah Dikonsumsi Penderita Diabetes

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini