Peringati Hari Proklamasi Hangul, KT&G Sangsang Gelar Festival Kebudayaan Korea

Peringati Hari Proklamasi Hangul, KT&G Sangsang Gelar Festival Kebudayaan Korea Kredit Foto: KT&G

KT&G, sebuah perusahaan global, sukses menggelar festival kebudayaan Korea melalui kerja sama dengan LSM internasional BBB korea. Kegiatan ini mendukung pertukaran bahasa dan budaya di kalangan generasi muda Indonesia. 

Pada 9 Oktober 2021, “KT&G Sangsang Universitas Korean Language Institute” di Surabaya, menggelar ajang “Korean Culture Festival On-Air”. Ajang ini ingin mempermudah kegiatan berbagi dan belajar kebudayaan Korea bagi generasi muda Indonesia, yang dilakukan secara virtual lewat kanal-kanal media sosial dan daring, seperti Zoom dan Instagram.

Baca Juga: Sadis! Squid Game Dicap Kim Jong Un Cerminan Masyarakat Brutal Korea Selatan

Sebagai kegiatan utama, sebuah kompetisi menggambar secara abstrak dengan memakai Hangul berbentuk huruf konsonan dan vokal, turut diadakan. Berbagai karya yang menafsirkan ulang Hangul berdasarkan imajinasi juga dikirimkan para peserta dan memperoleh respons baik. 

Selain kompetisi menggambar, ajang ini juga mencakup lokakarya tentang kerajinan membuat pita tradisional Korea dan kegiatan membuat pola-pola tradisional Korea. Ada pula sebuah kegiatan menayangkan video setelah membaca Hangul secara cepat, yakni kompetisi “Tongue-Twister” yang berlangsung lewat media sosial. 

Baca Juga: Bakal Ubah Jadi Penyakit Menular Biasa, Korsel Siap Hidup dengan Covid-19

“KT&G Sangsang Universitas Korean Language Institute”, pihak yang mensponsori ajang ini, merupakan bentuk kontribusi sosial KT&G guna mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa lokal. Sejak 2017, KT&G telah mengelola “Sangsang Universitas” di Jakarta dan Surabaya agar generasi muda Indonesia dapat memperluas pengalaman budaya dan mengembangkan keahlian. 

KT&G Sangsang Universitas di Jakarta menyediakan berbagai kelas tentang kebudayaan dan seni, minat dan pengembangan karier, serta peluang pertukaran budaya yang masih sulit diakses mahasiswa Indonesia. Sementara, KT&G Sangsang Universitas di Surabaya menyediakan kelas-kelas belajar bahasa Korea dan pengalaman budaya melalui kanal-kanal nirkontak, berpusat pada Korean Language Institute. KT&G Sangsang Universitas Indonesia, ingin selalu menggelar beragam ajang kebudayaan dan program pengembangan bagi masyarakat lokal. Dengan demikian, generasi muda di wilayah setempat dapat menjadi SDM yang berkontribusi terhadap masyarakat. 

Jaeyoung Cho, Chief, Global Headquarter, KT&G, mengatakan, “Kami menghadirkan sebuah sarana belajar tentang kebudayaan Korea bagi generasi muda Indonesia dalam rangka Hari Hangul. Kami akan terus berkontribusi terhadap pertukaran budaya antara Korea dan Indonesia, serta berperan sebagai warga perusahaan global melalui beragam kegiatan kontribusi sosial.” katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/10/2021).

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini