Kak Seto Minta Sekolah Buka Ruang Kreativitas Bagi Siswa

Kak Seto Minta Sekolah Buka Ruang Kreativitas Bagi Siswa Kredit Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang

Psikolog anak Seto Mulyadi, atau yang akrab disapa Kak Seto, meminta pihak sekolah untuk memberikan ruang yang dapat mengasah kreativitas anak dalam proses belajar mengajar, terutama bagi sekolah yang masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah daring.

Menurut Kak Seto, pihak sekolah dapat menerapkan pembelajaran seperti membuat video, menciptakan lagu, membuat puisi, dan ide-ide lainnya yang berkaitan dengan pendidikan, etika, estetika, nasionalisme, dan kesehatan.

Baca Juga: Kemendikbudristek: 72% Sekolah Sudah Laksanakan PTM Terbatas

"Dengan demikian, mudah-mudahan anak di rumah tetap asyik dalam belajar. Tapi tetap ada panduan dari guru, tidak terlalu kaku, tapi tetap membuka ruang kreativitas. Siapa tahu ini bisa menjadi bagian dari problem solving," kata Kak Seto dalam dialog virtual, Selasa (26/10/2021).

Kak Seto menyoroti sistem kurikulum sekolah yang dinilai hanya fokus pada nilai akademik dibanding nilai kreativitas. Ia menilai hal ini justru membebani anak yang menjalani sekolah daring dan membuat anak mengalami penurunan daya kreativitas.

Oleh karena itu, ia meminta kepada para orang tua dan pihak sekolah untuk tidak terlalu banyak menuntut kepada anak selama masa sekolah daring.

"Pada dasarnya semua anak itu kreatif. Tapi kadang kala tanpa disadari kreativitas mereka terpasung dan terbungkam, di mana ini terjadi karena tuntutan akademik dalam situasi normal, padahal situasinya berbeda," pungkasnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini