Anak Buah AHY Kasih Kritik Tajam ke Jokowi: Belum Pernah Mencapai Indeks Demokrasi di Era Bapak SBY

Anak Buah AHY Kasih Kritik Tajam ke Jokowi: Belum Pernah Mencapai Indeks Demokrasi di Era Bapak SBY Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Kepala Badan Komunikasi Strategis Demokrat Herzaky Mahendra mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus bekerja keras di sisa masa jabatan.

Hal itu dia sampaikan saat menjawab isu dua tahun kepemimpinan 2 tahun Presiden Jokowi. Herzaky menyoroti survei SMRC yang menyebut kondisi politik makin buruk.

"Ada juga lembaga internasional Freedom House yang memberikan indeks demokrasi terus menurun," kata Herzaky di PTUN, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kalau Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Presiden Jokowi Ketiban Durian Runtuh: Apalagi 2024 Ada...

Selain itu, data dari The Economic Intelegent Unit melaporkan bahwa demokrasi Indonesia saat ini jadi yang terburuk sejak pertama kali lembaga itu melakukan survei di Indonedia 14 tahun atau 2006.

"Belum pernah mencapai indeks demokrasi di era Bapak SBY, yaitu demokrasi yang bebas," katanya.

Herzaky mengatakan, Jokowi masih punya sisa jabatan tiga tahun yang mesti dimanfaatkan dengan baik. Harapannya permasalahan ini bisa jadi konsen dan prioritasnya.

"Pak Jokowi bisa meninggalkan panggungnya pada 2024 dengan meninggalkan warisan demokrasi yang baik," katanya.

Baca Juga: Dunia Internasional Mengakui Kehebatan Presiden Jokowi: Saya Memberi Nilai 7,5

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini