Ikuti Arahan Jokowi, Erick Thohir: BUMN Sukses Lakukan Transformasi

Ikuti Arahan Jokowi, Erick Thohir: BUMN Sukses Lakukan Transformasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, transformasi di tubuh BUMN tidak terlepas dari perintah Presiden Joko Widodo agar selama 2 tahun ke depan BUMN perlu melakukan transfomrasi.

"Alhamdulilah, kami sudah melakukan transfomasi di Kementerian BUMN. Kemarin di perbankan sudah menghasilkan pemenang baru dan yang menarik di perbankan merupakan pasar terbuka ada swasta dan asing," katanya dalam Unleashing the ESCO Potential to Accelerate Indonesia Decarbonization Towards Indonesia Green Economy, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Banyak BUMN Sakit Bikin Jokowi Jengkel, Puan Maharani: Cuma Jadi Beban Negara!

Perintah Jokowi tersebut, ditindaklanjuti Erick dengan melakukan sejumlah efisiensi sekaligus transformasi di sejumlah perusahaan BUMN. Salah satunya adalah dengan penggabungan Pelindo yang dilakukan karena ongkos distribusi logistik masih cenderung mahal dibandingkan negara lain.

Penggabungan tersebut menjadikan Pelindo menempati peringkat 8 di dunia dalam industri pelabuhan peti kemas. Hal tersebut coba ditindaklanjuti dengan melebarkan kawasan industri yang terintegrasi dengan rantai pasok (supply chain).

Selain itu, transformasi lain yang sudah terjadi adalah mendukung UMKM dengan menyatukan program yang sudah berjalan atau program yang baru.

Selain itu, saat ini Erick Thohir juga sedang memikirkan lima langkah transformasi yang dilakukan di BUMN. Pertama, transformasi digital. Kedua, transformasi energi terbarukan. Ketiga, transformasi pertambangan ramah lingkungan hidup. Keempat, transformasi industri pariwisata. Terakhir, kelima, transformasi pangan.

"Kita terus melakukan efisiensi dengan bergabungnya PT EMI ke PLN, tetapi jelas sekali EMI mengubah bisnis modelnya bagaimana EMI menjadi audit sistem energi hijau. Ini juga menarik karena PLN bertransformasi, ekosistem ini penting," pungkasnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini