Amerika Tidak Sendiri Mendukung Taiwan, Ini 5 Negara yang Juga Vokal Beri Sokongan

Amerika Tidak Sendiri Mendukung Taiwan, Ini 5 Negara yang Juga Vokal Beri Sokongan Kredit Foto: Reuters/Ann Wang

Ada banyak pembicaraan luar biasa di kalangan pakar kebijakan baru-baru ini tentang Taiwan dan komitmen Amerika Serikat terhadap keamanan Taiwan —dan untuk alasan yang bagus.

China meningkatkan tekanan pada Taiwan ke tingkat yang tidak terlihat setidaknya dalam 25 dan mungkin 60 tahun.

Baca Juga: Terkesan Ngeledek, Kata Pakar Agresi China atas Taiwan Nguji Mental Pemerintahan Joe Biden

Kabar baiknya adalah bahwa AS tidak sendirian. Ia memiliki teman dan sekutu yang juga mendukung Taiwan. Melansir Washington Examiner, Jumat (22/10/2021), berikut ini adalah lima yang paling kritis menyokong Taiwan.

1. Jepang

Jepang adalah teman terbaik kedua Taiwan di dunia, setelah AS. Hal ini berlaku di masa damai. Lihatlah seberapa cepat Jepang menyambut aplikasi Taiwan untuk bergabung dengan perjanjian penerus Kemitraan Trans-Pasifik, Perjanjian Komprehensif dan Progresif 11 negara untuk Kemitraan Trans-Pasifik. Membangun ekuitas ekonomi semacam ini di masa depan Taiwan penting untuk menciptakan insentif bagi komunitas internasional untuk mencegah Beijing.

Tetapi Jepang juga penting untuk pencegahan dengan cara yang lebih langsung. Jika terjadi invasi China ke Taiwan, Angkatan Laut AS dan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang akan bekerja sama dalam pertahanannya. Itu mengatakan sesuatu, karena Jepang memiliki salah satu angkatan laut yang paling mampu di dunia, dan yang secara teratur beroperasi bersama dengan rekan Amerika-nya.

Tantangan bagi Jepang adalah dengan skenario militer pendek dari invasi langsung. Ada sejumlah jalan lain yang bisa diambil China untuk memaksa Taiwan. Taiwan bukan hanya satu pulau. Beijing dapat bergerak untuk merebut salah satu pulau kecilnya—Kinmen, misalnya, dari mana Anda dapat benar-benar melihat daratan Cina—atau wilayah Taiwan di Laut Cina Selatan.

Atau, China dapat mengambil keuntungan dari krisis kemanusiaan atau politik dan mengambil tindakan militer secara bertahap dan diam-diam.

Heritage Foundation (di mana The Daily Signal adalah outlet berita) telah melakukan beberapa permainan perang pada skenario yang lebih halus ini. Mendamaikan ancaman nyata yang mereka ajukan dengan konstitusi pasifis Jepang mengikat birokrasi Jepang dalam simpul. Dalam situasi kehidupan nyata, ini dapat menunda, jika tidak melarang, komitmen kapal-kapal Jepang untuk berperang.

2. Australia

Australia memiliki militer yang lebih kecil dan lebih jauh dari Taiwan daripada yang kadang-kadang dibayangkan orang Amerika. Yang paling membanggakan adalah kemampuan operasi militernya yang ditunjukkan dengan pasukan AS di Indo-Pasifik dan catatan aliansi yang sangat konsisten dengan AS dalam krisis internasional, dari Perang Dunia I hingga perang di Afghanistan.

Menambah kepercayaan AS di Australia, Canberra baru-baru ini memulai dengan AS dan Inggris dalam kemitraan keamanan baru yang disebut AUKUS yang akan memberi Australia kapal selam bertenaga nuklir baru yang akan memberi angkatan lautnya jangkauan yang belum pernah dimiliki sebelumnya.

Ada banyak detail yang harus diselesaikan, tetapi jika memenuhi harapan, AUKUS akan menanamkan Australia lebih dalam lagi dalam aliansinya dengan AS dan memposisikannya untuk memainkan peran penting dalam setiap pertahanan Taiwan.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini