Ada Harapan Jemaah Indonesia Bisa ke Tanah Suci, Satgas: Pastikan Diri Sendiri Sehat dan Aman

Ada Harapan Jemaah Indonesia Bisa ke Tanah Suci, Satgas: Pastikan Diri Sendiri Sehat dan Aman Kredit Foto: Antara/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menegaskan, seluruh jemaah wajib memastikan kondisi dirinya dalam keadaan sehat dan aman. Hal ini merespons Pemerintah Arab Saudi yang mulai mempertimbangkan perizinan ibadah ke Tanah Suci bagi masyarakat Indonesia.

"Kita harus memastikan pelaku perjalanan internasional selama masa pandemi Covid-19 betul-betul dalam kondisi yang sehat dan aman. Aman buat kita, aman buat negara tujuan kita," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam dialog virtual, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Waktu Jemaah Indonesia Bisa Masuk Arab Saudi Masih Belum Pasti, KJRI Jeddah: Ada Kendala Teknis

Wiku menggarisbawahi, peserta ibadah umrah atau haji merupakan individu yang berasal dari beragam negara dengan situasi Covid-19 yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memastikan diri menegakkan protokol kesehatan dalam seluruh aktivitas ibadah demi menghindari terjadinya penyebaran kasus Covid-19.

"Baik sebelum berangkat, saat perjalanan, selama beribadah di Arab Saudi, hingga kembali ke Indonesia," ujar Wiku.

Ia menyampaikan, Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi dengan Kerajaan Arab Saudi mengenai kesiapan penyelenggaraan umrah. Persiapan ini, tegas Wiku, dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Dalam hal ini, tak hanya Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Saudi Arabia, tetapi juga pemerintah negara yang turut memberangkatkan rakyatnya.

"Persiapan ini juga dilakukan dengan hati-hati oleh pemerintah negara lain yang juga ikut memberangkatkan jemaah umrahnya ke Arab Saudi," tuturnya.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini