Puan Maharani Punya Kans Besar pada Pilpres 2024: Elektabilitas Harus Dijemput dengan Berbagai Cara

Puan Maharani Punya Kans Besar pada Pilpres 2024: Elektabilitas Harus Dijemput dengan Berbagai Cara Kredit Foto: GenPI

Dari nama-nama calon presiden PDIP, Ketua Umum DPR RI Puan Maharani punya kans besar untuk dicalonkan pada Pilpres 2024 oleh PDI Perjuangan. Namun, putri Megawati Soekarnoputri itu masih punya tantangan besar untuk dapat menjadi suksesor Jokowi mendatang.

Pengamat politik dan peneliti Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai tantangan besar itu adalah bagaimana memposisikan Puan sebagai tokoh publik milik masyarakat luas.

"Mbak Puan punya tantangan untuk bisa meningkatkan elektabilitasnya yang masih minim. Menurut saya masih belum terlambat, Mbak Puan masih punya waktu masih ada 2,5 tahun untuk mengejar ketertinggalan elektabilitas dari calon lain," kata Surokim.

Baca Juga: Ibarat Bumi dan Langit: Puan Susah Payah Berjuang, Ganjar Lawan Prabowo Menang!

Dalam kacamata Surokim, hal itu yang menjadi tantangan Puan Maharani. Ketua DPR RI itu harus bekerja ekstra untuk meningkatkan elektabilitasnya hingga mampu berangkat ke kontestasi Pilpres. Menurut Surokim, jika sosok Puan diinginkan para kader PDI Perjuangan di daerah, dukungan untuk bagaimana meningkatkan elektabilitas itu juga harus menjadi perhatian.

"Jadi ya harus berusaha ekstra keras untuk itu. Jangan menyerah dan menunggu nasib elektabilitas harus dijemput dengan berbagai cara. Nanti di akhir 2023 dapat dilihat seberapa signifikan elektabilitasnya," terangnya.

Secara umum menurut Surokim, peluang Puan Maharani untuk dapat tiket dari PDI Perjuangan jelas cukup besar jika dibandingkan dengan kader lain. Sejumlah posisi cukup menguntungkan Puan.

Sebelumnya, diketahui DPP PDIP menyebut ada sejumlah sosok di internal PDIP yang sudah siap lewat mekanisme kaderisasi partai untuk maju di Pilpres 2024. Namun sosok mana yang akan mewakili PDIP belum akan diumumkan saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Baca Juga: Koalisi Jokowi Disebut Sudah Selesai dengan Prabowo-Puan

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini