Pemilih Sejumlah Partai Tak Puas dengan Kinerja Jokowi, Partai Mana Saja?

Pemilih Sejumlah Partai Tak Puas dengan Kinerja Jokowi, Partai Mana Saja? Kredit Foto: Biro Pers, Sekretariat Presiden

Pemilih sejumlah partai yang terlibat dalam survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyatakan tak puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo. Partai tersebut mencakup PKN, PAN, PPP, dan Gerindra.

"Kita mencatat kepuasan paling rendah terdapat pada pemilih PKS, pemilih PAN, dan pemilih Gerindra," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirajuddin Abbas dalam acara rilis hasil survei yang dilakukan secara daring, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Dua Tahun Pemerintahan Jokowi Periode Kedua, Survei: Penilaian Buruk Penegakan Hukum Naik

Berdasarkan hasil survei, 54% pemilih PKS menyatakan tidak puas dengan kinerja Jokowi. Kemudian, 43% pemilih PAN dan PPP juga menyatakan hal yang serupa. Adapun pemilih Gerindra yang menyatakan tidak puas dengan kinerja Jokowi ialah sebanyak 41%.

Sementara itu, terdapat tiga pemilih partai yang menyatakan puas dengan kinerja Jokowi, yaitu pemilih PDIP sebanyak 89%, PKB 76%, dan NasDem 70%.

Penemuan lain dari survei tersebut adalah 81% pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah saat ini yang berada di bawah kepemimpinan Jokowi. Sementara, pemilih Prabowo dalam Pilpres 2019 yang menyatakan tidak puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 52%.

Survei ini melibatkan 1.220 responden yang dipilih secara acak (multistage random sampling) pada 15-21 September 2021. Adapun nilai response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) adalah sebesar 981 responden atau sekitar 80% dari total responden. Sementara, nilai margin of error survei diperkirakan sekitar 3,19% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini