Ini 3 Tips Finansial Bijak Jalani Frugal Living ala Mark Zuckerberg

Ini 3 Tips Finansial Bijak Jalani Frugal Living ala Mark Zuckerberg Kredit Foto: MNC Bank

Frugal living adalah konsep di mana kita sepenuhnya menyadari semua keputusan kita dalam mengatur uang. Artinya, Anda akan memilih prioritas akan hal-hal yang penting untuk Anda. Dengan prioritas yang Anda terapkan tidak akan ada dana sia-sia karena kebutuhan yang tidak penting.

Salah satu tokoh dunia yang menerapkan konsep frugal living adalah pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Salah satu wujud frugal living adalah t-shirt abu-abu yang setiap hari dirinya pakai. Mark tentu mampu membeli pakaian tetapi dia memutuskan hanya menggunakan t-shirt abu - abu karena tidak ingin waktunya habis untuk berpikir pakaian apa yang akan dia gunakan setiap harinya.

Gaya hidup frugal sangat pas diterapkan, terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini. Jika Anda ingin mulai menjalani frugal living, Anda bisa mengikuti langkah - langkah berikut.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Gigit Jari, Kekayaannya Anjlok, Facebook Ikut Rugi Rp1,4 Triliun!

Rencana Keuangan yang Fleksibel

Pandemi membuat banyak kondisi tidak pasti. Banyak hal berubah dalam waktu cepat dari harga nilai mata uang hingga mata pencaharian. Dengan kondisi dunia seperti ini Anda harus beradaptasi dengan keadaan yang ada. Contohnya dengan mengurangi kegiatan berkumpul atau hangout bersama teman.

Budgeting

Musuh terbesar saat memulai frugal living adalah kurang pengendalian diri. Lapar mata memicu keinginan untuk berbelanja berlebihan. Prioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa hidup lebih hemat.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Memasuki kuartal IV tahun ini, terlebih nanti menjelang akhir tahun, lazimnya beragam promo dan program diskon ditawarkan banyak korporasi. Perbankan juga turut menebar promo seperti ini yang memudahkan dan memanjakan nasabah.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini