Penting! Berapa Lama Penderita Diabetes Dapat Bertahan Hidup?

Penting! Berapa Lama Penderita Diabetes Dapat Bertahan Hidup? Kredit Foto: Ist

Terlepas dari usaha hidup lebih sehat dengan olahraga dan menjaga pola makan. Ancaman kematian terhadap penyakit kronis tidak bisa dimungkiri selalu menghantui, termasuk dalam penyakit kronis ini adalah diabetes.

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Baca Juga: Catat! Selain Diabetes, Ini Penyebab Rasa Lapar Berlebih pada Seseorang

Komplikasi atau dampak turunan dari diabetes inilah yang berisiko menyebabkan kematian karena menyerang organ-organ tubuh penting lainnya.

Lantas sebenarnya berapa lama seseorang yang menderita diabetes bisa bertahan hidup? Adakah penelitian yang menjelaskan tentang hal ini?

Melansir laman diabetes.co.uk, Diabetes UK memperkirakan dalam laporannya, Diabetes in the UK 2010: Key Statistics on Diabetes, bahwa harapan hidup seseorang dengan diabetes tipe 2 kemungkinan akan berkurang, sebagai akibat dari kondisi tersebut, hingga 10 tahun.

Orang dengan diabetes tipe 1 secara umum hidup lebih pendek, dengan harapan hidup telah berkurang lebih dari 20 tahun.

Baca Juga: Apakah Diabetes Tipe 1 dan 2 Bisa Dicegah dengan Diet dan Olahraga? Ternyata…

Namun kabar baiknnya adalah seiring perbaikan dalam perawatan diabetes dalam beberapa dekade terakhir mengindikasikan data yang menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 sekarang hidup lebih lama secara signifikan.

Hasil studi 30 tahun oleh University of Pittsburgh yang diterbitkan pada 2012, mencatat bahwa penderita diabetes tipe 1 yang lahir setelah tahun 1965 memiliki harapan hidup 69 tahun.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini